Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh

Manfaat cuka apel bagi tubuh-detikfood-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Cuka apel adalah hasil pengolahan fermentasi sari apel. Cairan ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari membantu proses memasak, perawatan kesehatan tubuh, hingga membersihkan perlengkapan rumah tangga yang memiliki noda membandel.

Cuka apel adalah salah satu jenis cuka yang terbuat dari apel. Cuka apel memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. 

Cairan ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, cuka apel juga tidak mengandung kolesterol dan sodium di dalamnya.

BACA JUGA:5 manfaat kulit pisang yang berguna bagi kesehatan tubuh

Kandungan yang terjadi dalam proses pembuatan inilah yang membuat cuka apel mempunyai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Perlindungan pada sel tubuh

Kandungan antioksidan polifenol terdapat pada cuka apel, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

BACA JUGA:5 Tips Mudik untuk Pemotor dengan Perjalanan Jarak Jauh, Agar Badan Tetap Fit

2. Mengatur kadar gula dalam darah

Bagi pengidap diabetes, kadar gula dalam darah harus selalu diperhatikan. Sebab, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah.

3. Menurunkan berat badan

Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak. Meski begitu, penurunan berat badan tetap harus diimbangi dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tentu saja tidak bisa hanya dengan menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

BACA JUGA:Bikin Sejuk! 6 Objek Wisata Curug di Majalengka Cocok Untuk Liburan

4. Membunuh kuman pada makanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: