Cara Sederhana Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari Bersama BPIPRI

Cara Sederhana Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari Bersama BPIPRI

Cara sederhana mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari bersama BPIPRI di Radar Cirebon-Foto istimewa jepretan-Kusuma Yanuwar Dani-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - BPIPRI (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia) berkunjung ke Radar Cirebon dan mengumpulkan Content Creator dan Content Writer Se-Jawa Barat, untuk pembekalan dalam rangka penguatan publikasi peringatan hari lahir Pancasila.

Kegiatan ini dilaksanakan di Studio Kaliandra, Graha Pena Radar Cirebon, pada hari Kamis, 4 April 2024. BPIPRI memberikan pengarahan bagaimana cara menjalankan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satunya contoh kecilnya yaitu cukup dengan menerapkan buang sampah pada tempatnya, kamu sudah menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, masih banyak contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contohnya dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Cirebon

1. Dalam sila yang pertama, kita bisa menerapkannya seperti menghormati perbedaan keyakinan dan kepercayaan orang lain, menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama, melakukan perbuatan terpuji yang mencerminkan nilai-nilai agama, serta menjalin hubungan baik dengan sesama manusia tanpa membeda-bedakan agama.

2. Di dalam sila yang kedua pun kita bisa menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu seperti menolong orang lain yang membutuhkan pertolongan, berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan, serta menjaga perdamaian dan ketentraman hidup bersama.

3. Mencintai tanah air dan bangsa Indonesia, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, menghormati lambang negara dan bendera merah putih, serta ikut berpartisipasi dalam bela negara, merupakan salah satu penerapan Pancasila dalam sehari-hari dan tertuang dalam sila ke tiga. 

4. Pada sila ke empat juga kita diajarkan untuk mengutamakan musyawarah serta mufakat dalam menyelesaikan masalah, dan menghormati pendapat serta perbedaan pandangan orang lain.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Majalengka

5. Menghargai hak dan kewajiban orang lain, membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Itu termasuk cara kita untuk menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan tertuang dalam Pancasila sila ke lima.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam lingkungan keluarga, kita bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila yaitu dengan cara mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai Pancasila, menghormati orang tua dan anggota keluarga lainnya, saling membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Mengikuti upacara bendera dengan khidmat, belajar dengan tekun, saling menghormati antar teman, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Merupakan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: