Sinergitas BPIP dan Para Content Creator Serta Content Writer Untuk Mengamalkan Nilai Pancasila Dalam Tindakan

Sinergitas BPIP dan Para Content Creator Serta Content Writer Untuk Mengamalkan Nilai Pancasila Dalam Tindakan

Potret acara pembekalan Pancasila yang diselenggarakan BPIP di Cirebon, sebelum acara utama nya dimulai. -Dokumentasi pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kolaborasi antara BPIP sebagai badan pemerintah dengan nama lengkap Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dengan bersama menggandeng para Content Creator serta Content Writer, dalam menyikapi pelbagai persoalan terkait pengamalan Pancasila untuk konteks Pancasila dalam Tindakan. 

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa Pancasila merupakan Ideologi bangsa Indonesia yang luhur, serta kaya akan nilai-nilai serta prinsip-prinsip dalam hidup berbangsa dan bernegara, yang harus dijadikan pedoman dan pandangan hidup seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Jadi, Pancasila merupakan suatu pedoman hidup bangsa yang harus diamalkan serta dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia terlepas apapun latarbelakangnya, karena Pancasila adalah rumusan yang sudah dirumuskan oleh para Founding Father sebagai pandangan hidup untuk pedoman berbangsa dan bernegara. 

Lantas, sudah menjadi tanggung jawab oleh kita sebagai masyarakat Indonesia untuk tetap terus mengamalkan sambil tetap melestarikannya, termasuk di dalam zaman digital serba cepat dan masif ini, termasuk pula dalam konteks generasi z dan generasi milenial, sebagai generasi yang mayoritasnya melek soal teknologi di dalam perkembangan dunia digital ini. Karena pancasila merupakan nilai luhur negara yang relevan, terlepas apapun zamannya, karena Pancasila dalam Tindakan, adalah Pancasila yang Berkelanjutan.

BACA JUGA:Stop Hoax No Copas, Saring Sebelum Sharing: Pembekalan Bersama BPIP RI Bagi Para Pembuat Konten

Selain menjadi tanggung jawab bersama, mengamalkan Pancasila penting adanya, agar nilai luhur Pancasila masih tetap bisa digaungkan dengan lantang untuk pedoman berbangsa termasuk dalam Tindakan sehari-hari, karena Pancasila pun relevan dalam Tindakan sehari-hari, agar Tindakan sehari-hari bisa menjadi lebih bermakna serta tetap dalam landasan nilai Pancasila yang memiliki moral tinggi.

Bicara tentang moral, moral adalah nilai luhur yang memiliki landasan seperti memandang seluruh hal itu setara dengan tidak berbeda-beda. Nah, Pancasila juga kaya akan nilai moral, sebagai moralitas utama yang mampu untuk dijadikan sebagai prinsip moralitas, dalam memandang pelbagai masalah hidup, termasuk masalah dalam Tindakan sehari-hari, yang erat kaitannya dengan nilai moral.

Dengan mengamalkan nilai Pancasila dalam Tindakan seperti tindakan sehari-hari, maka sebagai warga negara, kita sudah bisa mengamalkan nilai Pancasila sebagaimana baiknya seperti dalam Tindakan sehari-hari dengan penuh moral serta menjadi warga negara yang memiliki nilai Pancasila dalam diri yang mampu membimbing kehidupan serta Tindakan sehari-hari yang penuh moral serta memandang pelbagai permasalahan secara setara.

Pengamalan nilai Pancasila ini penting untuk dilakukan, termasuk dalam konteks zaman digital seperti saat ini, dengan penyebaran informasi yang masif serta rawan untuk mendistorsi nilai-nilai luhur Pancasila, maka dari itu sebagai warga negara yang memiliki kesadaran dan moralitas, harus setidaknya tetap mengamalkan nilai Pancasila agar tidak luntur tergerus oleh zaman.

BACA JUGA:Kunjungan BPIPRI di radar Cirebon untuk Pembinaan pada Content Writer dan Creator Jawa Barat

Disini, pada tanggal Kamis 4 April 2024, yang berlokasi di Studio Kaliandra Radar Cirebon, telah diselenggarakan acara pembekalan Pancasila yang memiliki tujuan utama seperti Pengamalan nilai #pancasiladalamtindakan, serta dengan tema yang dikemas seperti #foryourpancasila, agar terasa lebih relevan dengan zaman, pun dengan para generasi milenial dan gen z yang mendominasi di zaman digital ini, agar lebih memahami dan mengamalkannya dalam Tindakan sehari-hari.

Acara pembekalan nilai pengamalan Pancasila dalam Tindakan ini diselenggarakan oleh BPIP sebagai kontributor utama, serta dengan menggandeng para Content Creator dan Content Writer se Jawa Barat, dalam upaya kolaborasi serta sinergitas untuk mengamalkan Nilai-nilai Pancasila dalam Tindakan, sebagai tema utama yang diusung dalam acara ini.

Acara ini merupakan suatu pembekalan utama dalam Content Creator serta Content Writer dalam Mengamalkan Nilai Pancasila, termasuk dalam konten yang dihasilkan dengan asas dan tujuan luhur yang relevan dengan Nilai Pancasila, agar lebih relevan serta humanis, dan tidak doktrinal. 

Sinergitas antara BPIP dengan para Content Creator serta Content Writer memiliki tujuan utama untuk mengamalkan Nilai-nilai Pancasila yang lebih relevan serta lebih fleksibel dengan perkembangan zaman, termasuk dalam zaman digital ini yang memiliki banyak penyebaran informasi, agar lebih mudah diamalkan oleh seluruh lapisan generasi, termasuk generasi milenial serta generasi z, yang memiliki tema utama yang erat kaitannya dengan relevansi zaman digital ini #foryourpancasila dengan tujuan utama #pancasiladalamtindakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: