5 Tips Mengelola Uang THR, Agar Tak Hanya Numpang Lewat Saja dan Habis Tak Bersisa 

5 Tips Mengelola Uang THR, Agar Tak Hanya Numpang Lewat Saja dan Habis Tak Bersisa 

Gambar uang 100 ribu sebagai ilustrasi besaran nominal THR. -Dokumentasi pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Apa jadinya jika uang THR tidak dikelola dengan benar, pasti yang namanya uang numpang lewat, sudah secara nyata akan terjadi.

Karena pengelolaan uang THR sangat berpengaruh, dalam bagaimana cara pengalokasian dan serta pengelolaan uang, yang penting dalam aspek keuangan dan finansial pribadi. 

Jadi mengelola uang THR adalah hal yang harus diperhatikan serta dilakukan secara berkala, agar yang namanya uang THR sebagai bonus tunjangan hari raya tidak habis dan tak bersisa begitu saja, melainkan jika uang THR bisa dikelola dengan baik dan benar, maka kemungkinan bisa membantu kita dalam menghadapi ketidakpastian keuangan di bulan berikutnya.

Nah, maka dari itu untuk pembahasan artikel kali ini akan berfokus mengenai 5 tips cara mengelola uang THR agar tidak menjadi uang yang hanya numpang lewat saja serta habis tak bersisa untuk bulan berikutnya, yuk simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

1. Prioritaskan anggaran

Membuat prioritas anggaran, memanglah hal terpenting dalam mengelola keuangan, terkhusus uang THR sekalipun, agar kita tahu apa yang akan kita prioritas kan untuk alokasi uang ini, ingin disimpan atau ingin digunakan untuk memenuhi kebutuhan, dan janganlah prioritas kan keinginan di atas kebutuhan, dahulukan alokasi uang untuk memenuhi kebutuhan terpenting dahulu, baru setelah itu bisa untuk dialokasikan ke pos keinginan. Namun jangan lupa untuk tetap menyimpan sebagian uangnya.

2. Menyisihkan uang THR terlebih dahulu 

Menyisihkan uang THR terlebih dahulu, mampu membuat suatu kesadaran betapa pentingnya memiliki simpanan atau tabungan uang, yang bertujuan sebagai dana darurat untuk menghadapi ketidakpastian keuangan di bulan berikutnya yang akan datang. Dengan menyisihkan terlebih dahulu uang THR, bisa membuat kita terhindar dari sifat boros dan konsumtif. 

BACA JUGA:Sederet Fenomena Astronomi yang Bakal Terjadi Pada Bulan April 2024, Kira-Kira Ada Apa Saja Ya?

3. Utang jarak dekat harus dilunasi

Jika ada utang yang dimiliki, termasuk utang dalam jangka waktu dekat, lebih baik prioritas kan juga untuk segera dilunasi, ketika uang THR sudah mendarat maka lebih baik lunasi utang jarak dekat, agar lama kelamaan tidak menjadi beban finansial di masa yang akan datang, untuk utang jangka panjang, bisa dicicil sesuai besaran yang ditetapkan. 

4. Tetapkan anggaran berimbang 

Menetapkan anggaran berimbang penting sekali untuk dilakukan, apalagi dalam konteks uang THR yang kadang dianggap sebagai uang bonus yang harus dihabiskan tak terkontrol begitu saja. Dengan menetapkan anggaan berimbang, maka hal-hal seperti pemborosan anggaran seperti penggunaan uang THR yang tak terkontrol bisa dihindari, berkat anggaran berimbang yang dahulu sudah ditetapkan dan disepakati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: