5 manfaat yang terkandung didalam daun saga yang baik untuk kesehatan

5 manfaat yang terkandung didalam daun saga yang baik untuk kesehatan

5 manfaat dan khasiat dari daun saga yang baik untuk kesehatan -Alodokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Tanaman saga merupakan Tanaman herbal yang berasal dari India. Meski begitu, Tanaman ini sudah banyak ditemukan di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia.

Hampir semua bagian dari tanaman saga memiliki khasiat untuk kesehatan, termasuk daunnya. Jika dilihat sekilas, daun saga tampak mirip dengan daun kelor. Namun, bentuk daun saga lebih lonjong dan panjang. Untuk mendapatkan manfaatnya, daun saga biasanya dikonsumsi sebagai teh herbal atau diolah menjadi suplemen. Berkat berbagai kandungan antioksidan dan efek lain yang dimilikinya, daun saga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti:

1. Mengontrol tekanan darah

Tanaman herbal seperti daun saga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

BACA JUGA:Mulai Di Penghujung Ramadan, Sudahkah Kamu Membayar Zakat Fitrah? Ini Panduannya!

2. Mencegah infeksi bakteri

Manfaat ini tentunya berasal dari sifat antibakteri yang dimilikinya. Beberapa jenis bakteri yang diyakini bisa diatasi oleh daun saga adalah bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Streptococcus anginosus.

3. Menurunkan kadar gula darah

Efek antidiabetes yang dimiliki daun saga dapat menurunkan kadar gula darah. Tanaman ini juga digadang-gadang bisa menurunkan kadar gula darah pada manusia dan mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

4. Mengobati sariawan

Daun saga juga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sariawan. Khasiat ini berasal dari kandungan saponin di dalam daun saga yang dapat mempercepat penyembuhan berbagai kondisi akibat peradangan, salah satunya sariawan.

5. Mengatasi migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang disertai dengan rasa berdenyut dan hanya terjadi pada salah satu sisi kepala. Hingga saat ini, penyebab migrain masih belum diketahui secara pasti. Namun, salah satu kondisi yang diduga memicu terjadinya migrain adalah meningkatnya kadar hormon serotonin di dalam tubuh. Daun saga dapat mengatasi migrain akibat tingginya kadar hormon serotonin. Hal ini karena daun saga memiliki sifat antiserotonin yang dapat membantu menurunkan kadar hormon tersebut sehingga migrain bisa menghilang dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: