Daun suji bisa mencegah kanker? Ini dia penjelasannya

Daun suji bisa mencegah kanker? Ini dia penjelasannya

Manfaat daun suji yang jarang orang ketahui-Alodokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Daun suji merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap dan berbentuk runcing memanjang, serta bunganya yang berwarna putih kekuningan.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

Selain memberi aroma harum yang kuat dan khas pada makanan, manfaat daun suji untuk menjaga kesehatan tubuh pun tak bisa disepelekan. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah kanker

Banyaknya kandungan senyawa flavonoid dalam daun suji memiliki peran penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis, seperti kanker.

BACA JUGA:Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

2. Meredakan nyeri haid

Nyeri haid terjadi karena meningkatnya hormon prostaglandin selama haid. Hormon ini dapat memicu kontraksi otot rahim yang menimbulkan peradangan dan nyeri haid.

Kandungan senyawa saponin dalam daun suji diketahui dapat meredakan peradangan sehingga dipercaya mampu mengurangi nyeri saat haid.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak daun suji bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. Berkat manfaat ini, Anda terlindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

4. Mengobati gangguan pernapasan

Ekstrak daun suji telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal di beberapa daerah di Indonesia untuk mengatasi gangguan pernapasan, seperti sesak napas pada penderita asma dan batuk.

BACA JUGA:7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: