Daun sambiloto mempunyai manfaat yang tersembunyi loh! Ini dia beberapa manfaat daun sambiloto

Daun sambiloto mempunyai manfaat yang tersembunyi loh! Ini dia beberapa manfaat daun sambiloto

Manfaat dan khasiat dari tanaman sambiloto -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. zat yang terdapat pada daun tanaman ini memiliki sifat antiradang, antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Karena kandungannya tersebut, Sambiloto bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat Sambiloto yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah

Tanaman sambiloto yang dikonsumsi sebagai jamu atau suplemen juga dapat menurunkan tekanan darah, Tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah dan tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

2. Meringankan gejala flu

Sambiloto bermanfaat untuk meredakan gejala flu, seperti bersin-bersin, sakit tenggorokan, dan batuk pilek. Manfaat ini berasal dari kandungan zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

3. Meredakan demam

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh yang terjadi akibat peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi, misalnya karena bakteri atau virus. Daun sambiloto merupakan salah satu obat pereda demam alami. Ini berkat efek antiradang, antibakteri, dan antivirus yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

BACA JUGA:Daun sirih bisa membersihkan area kewanitaan loh! Yuk simak penjelasan manfaat daun sirih

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Sambiloto juga bermanfaat untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Tanaman herbal ini dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Alpukat untuk Wajah bersih Alami

5. Meredakan peradangan

Peradangan merupakan gejala dari banyak penyakit kronis, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Saat mengalami peradangan, seseorang akan mengalami demam, nyeri, atau bengkak di bagian tubuh yang meradang. Untuk mengurangi peradangan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk mengonsumsi obat herbal alami seperti sambiloto. Tanaman ini telah digunakan sejak lama untuk mengatasi gejala peradangan berkat kandungan zat antiradangnya. Itulah berbagai kandungan nutrisi dan manfaat daun sambiloto untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: