5 Tips Cara Mencegah Panci Magic Com Agar Tidak Lengket Supaya Magic Com Bisa Jauh Lebih Awet

5 Tips Cara Mencegah Panci Magic Com Agar Tidak Lengket Supaya Magic Com Bisa Jauh Lebih Awet

Gambar panci magic com yang lengket dan ada keraknya. Sebaiknya dihindari dengan 5 tips dan cara dari artikel ini.-Dokumentasi pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Memasak nasi menggunakan magic com, merupakan hal yang mudah dan lumrah untuk dilakukan. Apalagi hanya tinggal simpan beras yang sudah di cuci, lalu tinggal klik tombol cook, dan berubahlah beras tadi jadi nasi.

Penggunaan magic com, dewasa ini sangatlah penting, karena magic com itu fungsional, selain untuk memasak nasi atau menghangatkan nasi, magic com juga bisa untuk menghangatkan aneka makanan lainnya. 

Penggunaan magic com, tak terlepas dari keseharian kita semua, sebagai bagian dari kehidupan, untuk menunjang pangan sehari-hari. Karena dengan adanya magic com, memasak nasi jadi jauh lebih mudah. Namun magic com juga perlu diperhatikan perawatannya, agar keawetannya bisa terjaga.

Cara merawat magic com yang paling mudah adalah membersihkan bagian luar dan dalam. Namun yang tentunya kadang luput oleh kita adalah panci magic com yang lengket, bisa menyebabkan magic com jadi tidak awet. Nah, ini perlu diperhatikan karena panci magic com yang lengket itu tidak baik. Lantas, bagaimana cara mencegah agar panci magic com tidak lengket? Jawabannya, ada pada artikel kali ini dengan 5 tips caranya, yuk simak selengkapnya. 

BACA JUGA:VIRAL! Mesin Spinner Kualitas Banter, Bisa Kurangi Kadar Minyak Tanpa Meninggalkan Jejak

1. Cuci beras dengan benar

Mencuci beras dengan benar, merupakan langkah terutama yang bisa menyelamatkan panci magic com, dari nasi yang lengket. Karena jika beras sudah dicuci dengan benar, maka panci magic com lengket bisa dihindari, terutama untuk beras dengan butir yang panjang bisa menyebabkan gesekan dengan panci magic com, jika tidak dicuci dengan benar sehingga lapisan pati yang terdapat di beras bisa menyebabkan lengket ketika sudah matang. Jadi intinya cucilah beras dengan benar, sekalipun untuk butir beras yang panjang.

2. Diamkan nasi setelah matang

Jika nasi yang sudah matang lalu ingin dipindahkan ke wadah lain, maka sebaiknya diamkan kurang lebih 10 atau 20 menit setelah matang, agar uap yang masih terperangkap bisa menyebar ke seluruh butir beras, hingga ke lapisan yang terbawah di dasar panci, dan beras tersebut akan mengendur secara perlahan karena uapnya sudah diserap.

BACA JUGA:5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

3. Menggunakan takaran air yang seimbang

Takaran air ketika sedang memasak nasi, harus diperhatikan secara seimbang. Karena jika tawaran air nya kurang, atau kelebihan maka akan menyebabkan panci magic com menjadi mudah lengket dan memiliki kerak, yang agak susah untuk dibersihkan. Jadi memperhatikan takaran air saat memasak nasi merupakan opsi yang pas.

4. Mengolesi mentega pada panci magic com

Dengan mengolesi mentega pada permukaan panci magic com, dapat diharapkan agar mencegah terjadinya panci magic com menjadi lengket. Hal ini dapat membantu mencegah nasi agar tidak menempel di permukaan panci magic com. Khususnya jika panci magic com sudah aus lapisan permukaannya, atau permukaan magic com tidak dilapisi dengan antilengket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: