Yuk! kenali manfaat dari bunga kitolod yang jarang diketahui

Yuk! kenali manfaat dari bunga kitolod yang jarang diketahui

Manfaat bunga kitolod yang bagus untuk kesehatan -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Bunga kitolod memiliki bentuk tegak dan tangkai yang panjang. Bentuk mahkotanya mirip seperti bintang dengan warna putih. Tanaman yang memiliki batang lunak satu ini tingginya bisa sampai 60 sentimeter dan punya daun tunggal meruncing dengan bagian pangkal yang menyempit. 

Tepi daun dari bunga kitolod tampak melekuk dan bergerigi. Panjang bagian daun dari bunga ini sekitar 5 sampai 17 sentimeter dengan warna kehijauan.

Bunga kitolod banyak digunakan oleh masyarakat tradisional sebagai obat untuk mengatasi mata merah. Berikut manfaat bunga kitolod yang baik untuk kesehatan:

1. Menyembuhkan sakit gigi

Sifat antiperadangan dan antibakteri pada tanaman tersebut yang efektif untuk membantu meredakan rasa nyeri saat kamu mengalami sakit gigi.

BACA JUGA:5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

2. Meringankan kanker

Bunga kitolod mempunyai sifat antikanker yang berasal dari senyawa alkaloid. Bagian dari bunga kitolod yang bisa membantu efektivitas pengobatan penyakit kanker adalah daunnya. 

3. Sebagai antibiotik alami

Daun pada bunga kitolod juga memiliki manfaat sebagai antibiotik alami untuk mengobati luka lecet sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

BACA JUGA:Lebaran 2024, Inilah Jenis Kain Jersey yang Bagus sebagai Bahan Dasar Baju Gamis

4. Mengobati katarak

Katarak merupakan gangguan pada mata yang terjadi ketika lensa mata terlihat keruh. Kondisi ini bisa membuat penglihatan menurun, bahkan bisa memicu hilang penglihatan. Katarak bisa diringankan dengan mengonsumsi daun bunga kitolod.

5. Mengobati asma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: