5 manfaat dari bunga kenanga bagi kesehatan tubuh

5 manfaat dari bunga kenanga bagi kesehatan tubuh

Manfaat dari bunga kenanga untuk kesehatan tubuh -Alodokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Bunga kenanga merupakan Bunga dari pohon kenanga yang banyak tumbuh di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Sebagian besar manfaat Bunga kenanga berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya.

Di balik keunikan bentuknya, ada banyak manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, mulai dari mengurangi stres hingga mengobati infeksi jamur. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang dapat diberikan bunga kenanga karena beragam kandungan senyawa di dalamnya. Berikut manfaat dari bunga kenanga untuk kesehatan:

1. Mengobati infeksi jamur

Bunga kenanga dinilai efektif untuk mengobati infeksi jamur. Selain dapat menimbulkan efek kantuk, senyawa linalool dalam bunga kenanga juga memiliki sifat antijamur.

Bunga kenanga juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan malaria, asam urat, dan sebagai penambah libido.

BACA JUGA:Yuk! kenali manfaat dari bunga kitolod yang jarang diketahui

2. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

Menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Kandungannya tersebut diketahui mampu menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, bahkan dipercaya efektif untuk mangatasi depresi.

3. Meringankan gejala asma

Asma merupakan penyakit pernapasan yang erat hubungannya dengan stres. Jika menderita asma, Anda bisa menggunakan minyak esensial bunga kenanga untuk mencegah kambuhnya asma yang dipicu oleh stres. Anda dapat mengoleskan minyak esensial bunga kenanga yang telah diencerkan dengan carrier oil ke area dada, lalu hirup selama 15–20 menit.

BACA JUGA:5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan minyak esensial bunga kenanga memiliki efek menurunkan tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal. Efek ini tentu baik untuk penderita hipertensi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: