Ternyata daun putri malu memiliki banyak manfaat loh!

Ternyata daun putri malu memiliki banyak manfaat loh!

Khasiat dari daun putri malu-UMSU-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Daun putri malu punya nama Latin, yaitu Mimosa pudica L. (Mimosaceae). Daun ini juga dikenal sebagai ‘tumbuhan malu’ atau ‘tumbuhan hidup dan mati’.

Daun putri malu sangat unik, karena kalau kamu menyentuhnya, daunnya bisa bergerak menutupi seluruh batang daun. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan memiliki duri. Nah, beberapa khasiatnya, diantaranya:

1. Mencegah penyakit hati

Putri malu dapat membantu mencegah masalah hati, terutama pada pengidap penyakit Lyme dan infeksi parasit. Patogen penyebab kedua penyakit tersebut biasanya bersembunyi di hati, lalu menyumbat sistem kerja organ tersebut.

BACA JUGA:5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

2. Mengobati wasir

Manfaat daun putri lainnya, yaitu efektif membantu mengobati wasir. Ramuan ini bisa kamu konsumsi 2-3 kali sehari saat mengalami kekambuhan gejala wasir. Jika sudah sembuh, hentikan penggunaan untuk meminimalisir efek samping pasca penggunaan.

3. Mencegah radikal bebas

Khasiat ini datang dari kandungan baiknya berupa antioksidan. Asupan tersebut berperan dalam menghentikan pembentukan radikal bebas di dalam tubuh yang berasal dari racun dan kotoran.

BACA JUGA:Siap Sebelum Berkendara, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor

4. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi berbahaya yang bisa berujung pada penyakit jantung, stroke, dan sakit ginjal. Jika tekanan darah sedang tinggi, anda bisa mengambil sari daun yang sudah dihancurkan. Konsumsi 15 ml sebanyak 2 kali sehari.

BACA JUGA:Lebaran 2024, Inilah Jenis Kain Jersey yang Bagus sebagai Bahan Dasar Baju Gamis

5. Menyehatkan pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: