5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

5 Keutamaan Hari Jumat di Bulan Ramadhan, Raih Ampunan dengan Perbanyak Amalan

Gambar orang yang sedang berdoa sembari menunggu waktu shalat Jumat tiba.-Foto pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jika waktu sudah menunjukkan hari Jumat, terkhusus jika di bulan ramadhan, maka sangatlah dianjurkan sekali untuk memperbanyak amalan, agar bisa meraih ampunan dari Allah SWT.

Karena waktu Jumat, merupakan waktu yang mujarab dan memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan yang terletak di satu hari itu. Apalagi jika hari Jumat yang terletak di tengah-tengah bulan suci ramadhan. Pastinya terdapat banyak keberkahan di dalamnya.

Kombinasi hari Jumat dan bulan ramadhan merupakan satu kunci yang pas sekali, jika ingin memperbanyak amalan serta mencari ampunan dan maghfirah dari Allah SWT. Karena keberkahan dan kelimpahan kebaikan menyertai di hari Jumat ini. Jadi sangat disayangkan bila dilewatkan, dan sepatutnya kita harus mengupayakan agar mencari ampunan di hari Jumat bulan ramadhan ini.

Lalu, adakah amalan khusus yang terdapat di hari Jumat bulan ramadhan, agar bisa meraih ampunan dari memperbanyak amalan? Ada, banyak sekali contohnya termasuk yang akan dibahas pada artikel kali ini yang berfokus untuk 5 amalan yang menjadi keutamaan di hari Jumat bulan ramadhan, agar mendapat ampunan dari Allah SWT. Simak selengkapnya di artikel berikut ini. 

BACA JUGA:5+ Keutamaan Nuzulul Quran, di Bulan Ramadan 2024

1. Shalat Jumat

Shalat Jumat wajib hukumnya bagi kaum lelaki, jadi jangan sampai melewatkan nya walaupun hanya sesekali, jangan. Untuk momen di bulan ramadhan, terutama dalam shalat Jumat, bisa kita gunakan momennya dalam berdoa serta shalat secara tumaninah, agar kita dapat ampunan dan ridho dari Allah SWT. Dan shalat Jumat juga merupakan salah satu keutamaan dari amalan yang ada di hari Jumat, khususnya Jumat bulan ramadhan. Untuk kaum perempuan bisa menggantinya dengan shalat zuhur.

2. Perbanyak Shalawat

Memperbanyak Shalawat, terutama di hari Jumat dalam bulan ramadhan, dapat menjadi keutamaan dan kemuliaan sendiri. Karena dengan bershalawat, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta bershalawat juga merupakan bentuk rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Jadi keutamaan memperbanyak shalawat juga bisa mendatangkan ampunan dan maghfirah dari Allah SWT untuk kita, dan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di kelak kemudian hari.

BACA JUGA:4 Tanda Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

3. Perbanyak mengaji

Mengaji terutama dalam membaca Al Quran, juga merupakan suatu keutamaan yang sebaiknya dilakukan dan diamalkan di jari Jumat bulan ramadhan. Karena di bulan ramadhan, untuk konteks mengaji, pahala jadi dilipatgandakan per satu huruf dari ayat nya. Maka dengan Mengaji secara baik, seperti memperhatikan panjang pendeknya kalimat, tajwid, dan lain-lain, dengan mengharap ridho dari Allah SWT. Dan dengan begitu, mengaji juga bisa mendatangkan ampunan dari Allah SWT, seperti di hari Jumat bulan ramadhan.

4. Perbanyak dzikir 

Perbanyak dzikir dengan menyebut nama Allah dan mengagungkan keesan Allah, merupakan suatu amalan penting yang selayaknya di lakukan di hari Jumat terutama di dalam bulan ramadhan. Berdzikir juga mudah dilakukan, bisa dilakukan di mana saja. Karena dengan berdzikir, dapat membuat hati kita tentram, dengan dzikir kita bisa meraih ampunan dari Allah SWT. Karena berdzikir merupakan suatu amalan yang harus terus diupayakan, agar kita senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT sang pencipta alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: