Mengejutkan! Ternyata bunga telang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh loh!

Mengejutkan! Ternyata bunga telang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh loh!

Manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh-Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Manfaat bunga telang tidak hanya membuat makanan menjadi lebih berwarna, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Bunga berbentuk corong ini paling banyak dijumpai dengan warna biru keunguan, tetapi ada juga yang berwarna putih.

Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, bunga telang sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bunga telang kaya akan senyawa antosianin yang disebut ternatin. Selain itu, bunga ini juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan senyawa aktif lain yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, kaemphferol, p-Coumaric acid, serta delphinidin.

BACA JUGA:Ternyata warna pada bunga tulip memiliki makna tersendiri loh! Berikut penjelasannya

Berkat beragam nutrisinya, bunga telang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Senyawa flavonoid pada bunga telang bersifat antioksidan, antiradang, dan antikanker. Kandungan tersebut diketahui bisa menangkal efek radikal bebas di dalam tubuh, sekaligus mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Menurunkan demam

Bunga telang telah lama digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bunga telang ini diperoleh dari sifat antiradang dalam bunga telang.

3. Mencegah diabetes

Senyawa aktif pada bunga telang yang disebut proanthocyanidin dapat membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dan Anda terhindar dari diabetes. Antioksidan pada tanaman ini juga mampu mencegah resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

BACA JUGA:Kapan Malam Lailatul Qadar 2024 ? Perikut Perkiraan nya

4. Meringankan gejala alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: