5 manfaat bunga teratai bagi kesehatan

5 manfaat bunga teratai bagi kesehatan

Manfaat bunga teratai bagi kesehatan -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Tidak banyak yang tahu, inilah manfaat bunga teratai untuk kesehatan tubuh. bunga teratai telah digunakan sejak dulu untuk ramuan obat.

Kandungan di dalam bunga teratai terdiri dari flavonoid, antioksidan, alkaloid, mineral, protein, dan asam lemak. Sehingga, Kandungan bunga teratai digunakan untuk peremajaan kulit, sebagai antibakteri potensial, dan sebagai antioksidan.

BACA JUGA:Kapan Malam Lailatul Qadar 2024 ? Perikut Perkiraan nya

Ekstrak bunga teratai inilah yang digunakan untuk produk-produk kecantikan. Lebih jelasnya, berikut manfaat bunga teratai untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu mengatasi ketombe

Ketombe adalah kondisi peradangan berulang yang menyerang bagian tubuh yang banyak mengandung kelenjar sebaceous, seperti kulit kepala.

Minyak teratai dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi dan mencegah ketombe.

2. Melindungi kulit akibat sinar matahari

Manfaat bunga teratai untuk kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Dermatologis menghimbau untuk selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena sinar tersebut mengandung radiasi UV yang berdampak buruk bagi kulit dan menyebabkan berbagai kelainan kulit dan kerusakan kulit.

BACA JUGA:Instagramable! 4 Tempat Buka Bersama di Cirebon yang Seru dan Estetik

3. Mencegah rambut beruban

Manfaat bunga teratai untuk rambut adalah mencegah rambut beruban. Studi menunjukkan minyak esensial dari ekstrak bunga teratai memiliki efek pada melanogenesis karena merangsang sintesis melanin. Melanin adalah protein dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk produksi pigmen.

Bunga teratai kaya akan ester, seperti metil ester asam palmitat, yang menginduksi melanogenesis yang berperan dalam mengatur kandungan melanin.

4. Mencegah kerutan pada kulit wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: