5+ manfaat dan khasiat tanaman kumis kucing yang jarang orang ketahui!

5+ manfaat dan khasiat tanaman kumis kucing yang jarang orang ketahui!

Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan -UMSU-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Tanaman kumis kucing adalah Tanaman yang bisa ditemukan di pulau Sumatra dan Jawa. Tanaman ini tumbuh secara alami di tepi hutan, tetapi umumnya terlihat di sepanjang pinggir jalan dan tanah yang tidak terpakai. 

Tumbuh dengan liar, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagian dari tanaman ini yang digunakan untuk diolah adalah daunnya, sedangkan bagian lain tidak direkomendasikan.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Apa Saja ?

Nah, berikut ini adalah manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Sebagai bagian dari detoksifikasi alami, kumis kucing juga berkaitan dengan penurunan berat badan. Itulah sebabnya, tak jarang tanaman ini juga diolah sebagai obat diet.

2. Membantu Masalah Pernapasan

Kumis kucing dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Terkadang, supaya hasilnya lebih maksimal, tanaman ini juga dicampur dengan tanaman herbal lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pernapasan. 

BACA JUGA:6 Wisata Pantai di Brebes dan Tegal Cocok Untuk Liburan

3. Mengatur gula darah

Kumis kucing juga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Cara kerjanya, tanaman ini secara efektif mengatur kadar glukosa dalam gula dan dengan demikian membantu mengontrol diabetes secara efisien.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan dalam tanaman ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Tindakan anti-oksidan dan anti-inflamasi pada kandungan methylripariochromene dari tanaman inilah yang membantu menurunkan tekanan darah. 

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata di Majalengka Cocok Dikunjungi saat Liburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: