Berikut 6 khasiat yang luar biasa dari tanaman temulawak

Berikut 6 khasiat yang luar biasa dari tanaman temulawak

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Temulawak adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati.

Tak hanya sebagai obat herbal, akar temulawak juga sering digunakan sebagai pewarna makanan, bumbu masakan, dan bahan campuran dalam produk kosmetik.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Apa Saja ?

Bagian rimpang induk dan akar temulawak ini adalah bagian yang paling berkhasiat dan paling banyak mengandung senyawa aktif. Oleh karena itu, bagian inilah yang sering diambil dan dimanfaatkan untuk pengobatan. Berikut beragam manfaat temulawak yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Menurunkan resiko kanker

Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat. Ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.

2. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

BACA JUGA:6 Wisata Pantai di Brebes dan Tegal Cocok Untuk Liburan

3. Mengendalikan kadar gula darah

Temulawak juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan.

4. Mencegah dan mengatasi infeksi

Temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti  bakteri Salmonella.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: