Wow! ternyata pohon jati banyak fungsinya loh!

Wow! ternyata pohon jati banyak fungsinya loh!

Fungsi pohon jati-YoungOnTop-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Pohon jati adalah Pohon yang memiliki tinggi mencapai 20 m, kayunya keras dan ulet, baik untuk bangunan rumah dan sebagainya. Selain itu, daunnya kasap dan daun yang muda digunakan untuk mewarnai barang anyaman.

Pohon jati dikenal sebagai pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Tidak heran kayu dari pohon jati digunakan sebagai bahan utama pembuatan rumah. Pohon jati menghasilkan kayu yang tahan lama, mudah dirawat, dapat mengatur suhu, dan tentunya berkualitas tinggi.

BACA JUGA:Zakat Fitrah di Majalengka 2,5 Kg atau 2,7 Kg ? Begini Penjelasannya

Manfaat pohon jati dapat dirasakan oleh manusia dan lingkungannya. Berikut Manfaat pohon jati yang baik untuk lingkungan:

1. Edukasi dan wisata

Manfaat pohon jati juga penting untuk edukasi dan sebagai tempat wisata. Banyak lahan hutan jati di Jawa, baik yang dikukuhkan sebagai hutan produksi maupun hutan non-produksi, memberikan layanan sebagai pusat penelitian dan pendidikan, pusat pemantauan alam, tempat berekreasi dan pariwisata, serta sumber pengembangan budaya.

2. Bahan baku bangunan pada rumah

Manfaat pohon jati juga sangat berguna dalam pembangunan rumah. Di dalam rumah, selain dimanfaatkan sebagai bahan baku furnitur, kayu jati digunakan pula dalam struktur bangunan. Rumah-rumah tradisional Jawa, seperti rumah joglo Jawa Tengah, menggunakan kayu jati di hampir semua bagiannya, termasuk pada tiang-tiang, rangka atap, hingga ke dinding-dinding berukir.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Hp Realme Harga 2 Jutaan Lengkap dengan Spesifikasinya! Yuk Beli Salah Satunya

3. Mendukung kesuburan tanah

Hutan jati juga ikut mendukung kesuburan tanah. Ini karena akar pepohonan dalam hutan jati tumbuh melebar dan mendalam. Pertumbuhan akar ini akan membantu menggemburkan tanah, sehingga memudahkan air dan udara masuk ke dalamnya. Tajuk (mahkota hijau) pepohonan dan tumbuhan bawah dalam hutan jati akan menghasilkan serasah, yaitu jatuhan ranting, buah, dan bunga dari tumbuhan yang menutupi permukaan tanah hutan.

4. Bahan baku pembuatan kapal laut

Kayu jati mengandung semacam minyak dan endapan di dalam sel-sel kayunya, sehingga dapat awet digunakan di tempat terbuka meski tanpa divernis. Apalagi bila dipakai di bawah naungan atap. Jati sejak lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal laut, termasuk kapal-kapal VOC yang melayari samudera di abad ke-17. 

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Diperhatikan ketika Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan. Apa saja? Yuk Simak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: