Ternyata sagu banyak manfaatnya loh! Yuk simak!

Ternyata sagu banyak manfaatnya loh! Yuk simak!

Manfaat sagu yang jarang diketahui -Kompas.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Sagu merupakan bahan makanan yang berasal dari hasil ekstraksi batang pohon Sagu. Pohon Sagu kaya akan pati, yaitu karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak molekul gula dan bisa menjadi sumber energi.

Sagu juga dikenal sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur.

BACA JUGA:Kejar Pahala, Inilah Kegiatan yang Produktif di Rumah Selama Ramadan

Sagu mengandung vitamin dan mineral yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gandum utuh, namun sagu ini tetap memiliki potensi manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat sagu bagi kesehatan:

1. Melancarkan saluran pencernaan 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan pati, termasuk sagu, dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus. Selain itu, asupan pati juga bisa mengurangi resiko anda mengalami berbagai gangguan pencernaan, salah satunya sembelit.

2. Menambah energi bagi tubuh

Sagu merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna menjadi glukosa dan mudah diserap oleh tubuh. Hal ini membuat sagu mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh, terutama jika Anda melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

BACA JUGA:Mengikuti kajian online? Raih Pahala di Bulan Ramadan 2024

3. Melawan radikal bebas

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel. Agar terhindar dari kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi sagu.

Karena, sagu kaya akan polifenol, seperti tanin dan flavonoid, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh anda.

4. Meningkatkan stamina

Manfaat sagu yang berikutnya adalah meningkatkan stamina. Konsumsi sagu dan protein kedelai dalam bentuk suplemen dapat meningkatkan stamina tubuh saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: