Ternyata daun singkong banyak manfaatnya loh! Simak penjelasannya

Ternyata daun singkong banyak manfaatnya loh! Simak penjelasannya

Manfaat daun singkong untuk kesehatan -Klikdokter-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Singkong merupakan tanaman umbi-umbian dan makanan pokok di sejumlah daerah di Indonesia. Singkong merupakan sumber karbohidrat, vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin. Tak hanya umbinya, daun Singkong juga bisa dikonsumsi. Tidak hanya umbinya saja dapat dikonsumsi, ternyata daunnya pun dapat di konsumsi dengan cara direbus, rebusan daun Singkong mengandung protein hingga 25 persen.  Kandungan gizi daun Singkong daun Singkong mengandung vitamin, protein, mineral, dan asam amino esensial. Protein yang terdapat pada daun Singkong membantu membentuk sel-sel tubuh dan menyusun sistem enzim.

BACA JUGA:Ini dia! Manfaat kunyit yang bagus untuk kesehatan tubuh anda!

Berikut manfaat untuk kesehatan yang anda terima ketika mengkonsumsi daun singkong:

1. Mengobati diare

Daun singkong mengandung zat astringent dan senyawa antimikroba yang dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam usus. Selain itu, air rebusan daun singkong juga dapat melawan infeksi yang menyebabkan diare.

2. Meningkatkan imunitas 

Daun singkong mengandung serat pangan yang baik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Senyawa tersebut dapat berkontribusi pada keseimbangan mikrobiota usus dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun singkong juga mengandung banyak vitamin C dan folat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

BACA JUGA:Harus tau! Ini dia manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

3. Meningkatkan nafsu makan Mengkonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Bagian dari singkong seperti batang dan umbinya juga dianggap sebagai obat tradisional untuk membantu mengembalikan napsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

4. Membantu mengobati rematik 

Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi dan dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit rematik.

5. Mengurangi radang sendi 

Daun singkong mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral penting yang banyak memberi manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan. Mineral tersebut juga menurunkan risiko patah tulang karena dapat menjaga kepadatan tulang.

BACA JUGA:Berikut manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: