Ini dia! Manfaat kunyit yang bagus untuk kesehatan tubuh anda!

Ini dia! Manfaat kunyit yang bagus untuk kesehatan tubuh anda!

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh -Honestdocs-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Perlu anda ketahui manfaat kunyit pada tubuh bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari masyarakat yang menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu.

BACA JUGA:Bosan dengan Nastar Selai Nanas? Berikut 5 Selai Pengganti Selai Nanas yang Cocok untuk di Coba.

Dengan adanya banyak manfaat bagi tubuh kita, ada baiknya anda mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

BACA JUGA:Resep Es Campur Segar Penghilang Dahaga Saat Buka Puasa

3. Mengobati Radang  

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

4. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bagi para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Jamu kunyit asam dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: