Resep dan Cara Membuat Es Cuing Khas Cirebon, Simak Lengkapnya!

Resep dan Cara Membuat Es Cuing Khas Cirebon, Simak Lengkapnya!

Resep membuat es cuing-freepik - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Siapa yang tidak mengenal Es Cuing? Es Cuing atau bisa juga ditulis Es Cuwing adalah minuman segar Khas Cirebon, Minuman ini sekilas mirip dengan Cincau, Es Cuing sendiri terbuat dari perasan sari daun Cuing (Tiliacora triandra) Daun ini berasal dari daerah Cirebon dan Indramayu, Sari daun ini diendapkan lalu kemudian membentuk agar-agar atau gel berwarna hijau yang di sebut Cuing

Es cuing sangat cocok dipadukan dengan es yang diserut juga ditambah sirop, santai atau gula merah, sehingga perpaduan tersebut menjadikan Es cuing yang sangat segar. Minuman ini sangat tepat dihidangkan saat cuaca panas. Jika anda berkunjung ke kota Cirebon, anda akan banyak menemukan penjual Es cuing yang bisa anda nikmati. Namun Jika anda berencana membuatnya sendiri berikut kami sajikan resep dan tips membuat Es cuing khas Cirebon.

Pembuatan Es cuing tidak memerlukan banyak bahan dan alat, pembuatan es cuing hanya memerlukan sedikit alat sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, Berikut adalah Resep dan cara membuat es cuing Khas Cirebon.

BACA JUGA:Jejak Prajurit Mataram di Majalengka, Berada di Makam Keramat Simpur, Keturunannya Dirikan Pesantren

BAHAN-BAHAN MEMBUAT ES CUING

- 30 lembar daun cuing

- 500 ml air matang

- es batu serut secukupnya

 

BAHAN KUAH SANTAN

- 500 ml santan kental 

- 1/2 sendok teh garam 

- 1 lembar daun pandan, ikat simpul

BACA JUGA:Apakah Minyak Zaitun Bisa Mengatasi Masalah Rambut Beruban? Simak jawabnya di sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: