Ini 7 Penyebab HP Menjadi Lemot dan Sering Nge lag

Ini 7 Penyebab HP Menjadi Lemot dan Sering Nge lag

Ilustrasi hp-pixabay.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com – Penyebab HP menjadi lemot dan sering nge lag, kira-kira apa ya?

HP di zaman sekarang yang serba digital ini menjadi hal yang sangat penting untuk aktivitas sehari-hari, karena selain untuk berkomunikasi, HP juga sebagai pusat informasi dan yang pasti sebagai platform hiburan. Jadi rasanya saat tak memegang HP di kehidupan sehari-hari akan terasa hampanya. Tapi ada juga yang membuat kesal saat memegang HP dan ternyata HP tersebut sudah lemot atau sering nge lag. Bisa jadi itu karena HP sudah terlalu lama atau penyimpanannya yang terlalu penuh. Namun ada juga ketika memori masih banyak, tetapi masih saja lemot dan sering nge lag. Apa ya penyebabnya? Nah berikut ini dijabarkan beberapa penyebabnya.

BACA JUGA:Mengapa HP Lemot Padahal Memori Masih Banyak? Ini Penyebabnya!

1. Penumpukan Cache dan Data Aplikasi 

Permasalahan cache dan data aplikasi bisa menjadi salah satu penyebab permasalahan HP menjadi lemot atau sering nge lag. Jadi sering-seringlah untuk membersihkan data dan cache agar HP tak lemot lagi.

2. Malware

Malware merupakan perangkat lunak yang bekerja dengan memasuki komputer tanpa perizinan serta dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, server, dan jaringan. Malware bisa juga terjadi pada sistem pengoperasian di HP, yang bisa menyebabkan HP menjadi lemot bahkan yang lebih berbahaya lagi dapat menyebabkan pencurian data-data pribadi pengguna HP.

BACA JUGA:3 Rekomendasi HP Cuman 3 Jutaan, Spek Gahar Bukan Kaleng-Kaleng, Wajib di Beli!

Untuk mencegahnya dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau yang lebih mudah prosesnya hanya memerlukan mode aman.

3. Optimasi Aplikasi yang Kurang

Ketika membuka aplikasi atau game di HP dan sering terjadi nge lag, maka bisa jadi permasalahan itu muncul dari aplikasi tersebut. Karena sistem pengoperasian setiap HP dirancang berbeda-beda. Jadi ketika akan menginstall suatu aplikasi harus sesuai ketentuan dari aplikasinya dan spesifikasi HP harus diatas sistem minimal yang diminta aplikasi.

4. HP Sudah Panas

Saat sedang asyik bermain HP hingga tak kenal waktu, maka yang sering terjadi adalah HP  menjadi panas. Nah HP yang sudah panas karena terlalu sering dan terlalu lama digunakan ini bisa menjadi penyebab HP menjadi lemot.

BACA JUGA:7+ Rekomendasi HP di bawah 5 juta dengan Kamera Terbaik 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: