Terkenal Mistis, Ini Dia Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terkenal Mistis, Ini Dia Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terkenal Mistis, Ini Dia Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan dan Kecantikan-Tangkapan Layar X-@rahma1202

RADARMAJALENGKA.COM - Cananga Odorata atau Bunga Kenanga merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga annonaceae, yang juga mencakup sirsak dan srikaya.

Bunga kenanga terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis perdu dan jenis pohon. Tinggi tanaman kenanga berbentuk perdu hanya mencapai 1 sampai 3 meter, sementara tanaman kenanga berbentuk pohon tingginya bisa mencapai 20 sampai 30 meter.

Manfaat bunga kenanga secara tradisional biasanya digunakan sebagai bunga tabur di pemakaman, campuran bunga rampai, juga sebagai hiasan pada sanggul wanita.

BACA JUGA:Mengungkap Mitos Larangan Menanam Pohon Kamboja di Depan Rumah

Selain itu, tanaman bunga ini akan mengeluarkan aroma yang semerbak saat menjelang senja atau malam. Sebab itulah yang menyebabkan bunga kenanga seringkali dikaitkan dengan hal mistis.

Bunga kenanga juga memiliki berbagai khasiat lain yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya bunga kenanga memiliki segudang manfaat kesehatan yang jarang orang ketahui.

Seperti apa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut Informasi lengkapnya.

1. Meredakan Stres dan Depresi

Minyak pada bunga kenanga dapat menurunkan tekanan darah dan peningkatan suhu kulit. Serta dapat membuat perilaku seseorang menjadi tenang dan santai. Temuan tersebut mewakili efek relaksasi dari minyak kenanga sebagai aromaterapi.

2. Antiseptik

Minyak kenanga juga sangat efektif digunakan sebagai antiseptik. Cara kerjanya dnegan melindungi luka dari infeksi dan bakteri serta melawan infeksi virus serta jamur. 

Selain itu, minya kenanga juga dapat membantu mempercepatproses penyembuhan luka.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sifat sedatif pada bunga kenang dapat memberikan efek menenangkan, mengurangi ketegangan syaraf, dan kecemasan. Sehingga dapat membantu otak agar lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: