Tetap Bugar Di Saat Puasa, ini Menu Sahur Agar Tidak Lemas Beraktivitas Seharian

Tetap Bugar Di Saat Puasa, ini Menu Sahur Agar Tidak Lemas Beraktivitas Seharian

Tetap Bugar Di Saat Puasa, ini Menu Sahur Agar Tidak Lemas Beraktivitas Seharian-sofi_ricky - tangkapan layar instagram-Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan puasa dari fajar hingga matahari terbenam. 

Sahur menjadi momen kunci dalam menjalani puasa, karena makanan yang dikonsumsi saat Sahur akan menentukan energi yang tersedia sepanjang hari. Sayangnya, banyak orang merasa lemas dan kurang bertenaga setelah Sahur.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk memilih menu sahur yang tepat agar tubuh tetap bugar dan penuh energi sepanjang hari. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi menu sahur agar tidak lemas:

BACAJUGA:Rekomendasi 7 Tempat Ngabuburit di Majalengka untuk Menikmati Sore di Bulan Ramadhan

1. Makanan yang Kaya Akan Serat

Makanan yang kaya serat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Kamu tidak mudah merasa lapar dan lemas. Serat juga membantu mengatur gula darah dan pencernaan, menjaga energi tetap stabil sepanjang hari. Makanan yang kaya akan serat ini seperti Gandum, Brokoli, bayam dan selada yang cocok disantap dengan menu sahur kamu.

2. Sertakan Protein dalam Menu Sahur Kamu

Protein adalah nutrisi penting yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging ayam, atau kacang-kacangan dapat memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh. Protein juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, mencegah Kamu merasa lemas saat berpuasa.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Saat berpuasa, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena tidak ada asupan cairan selama beberapa jam. Penting untuk minum air secukupnya saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga kecukupan cairan tubuh.

4. Hindari Makanan lebih Gula dan Makanan Cepat Saji

Biasanya kuta berpikir bahwa makanan yang memiliki gula akan membuat kita lebih berenergi namun nyatanya makanan yang tinggi gula memberikan energi cepat namun tidak tahan lama, begitu pula dengan makanan cepat saji. Setelah konsumsi gula, kadar gula darah dapat naik secara drastis, diikuti oleh penurunan tajam yang dapat membuat Kamu merasa lemas. Sebaiknya, pilih makanan kompleks dengan indeks glikemik rendah, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

BACAJUGA:Gelar Penyebarluasan Perda, Ineu Purwadewi Harap Masyarakat Bisa Menambah Wawasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: