Apakah Air Mawar Cocok Untuk Semua Jenis Kulit? Ini Menurut Kata Dokter dan Ahli

Apakah Air Mawar Cocok Untuk Semua Jenis Kulit? Ini Menurut Kata Dokter dan Ahli

Untuk semua jenis kulit, apakah penggunaan air mawar itu cocok?-Snapseed edit foto pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Air mawar, selaku obat alami berkhasiat tinggi, untuk merawat serta menjaga kesehatan wajah. Memanglah sangat berguna. Namun alangkah baiknya kita juga waspada efek sampingnya.

Karena air mawar, sekalipun air yang mengandung beberapa ekstrak bahan alami, tak menutup kemungkinan agar terjadinya, efek samping, serta ketidakcocokkan terhadap jenis kulit tertentu.

Karena jenis kulit tertentu, setiap manusia pastilah sangat berbeda, karakteristik kulit manusia, terutama kulit wajah, banyak macamnya. Ada yang kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kombinasi.

Setiap kulit, memiliki keunikannya tersendiri, dan air mawar, sekalipun cocok untuk semua jenis kulit, akan tetapi harus juga diperhatikan jenis kulit apa yang kita miliki. Daripada bingung, yuk simak artikel ini, yang memuat beragam pendapat ahli mengenai korelasi air mawar terhadap semua jenis kulit wajah yang ada. 

BACA JUGA:3+ Manfaat Air Mawar, Salah Satunya Cocok Untuk Kulit Berminyak

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter, dan dijawab oleh dokter, dr. Nadia Nurotul Fuadah pada bulan Desember 2022, beliau menyampaikan bahwasanya, penggunaan air mawar untuk kulit sensitif, tidak apa-apa selama jangan berlebihan pemakaiannya.

Air mawar sendiri memang bisa untuk kulit sensitif dan cocok, untuk mengatasi pelbagai masalah seperti, mencegah iritasi berkepanjangan, membuat kulit lebih kencang, dan mampu menghambat pertumbuhan jerawat.

Namun, karena setiap orang yang memiliki kulit sensitif, pasti dapat menimbulkan reaksi yang berbeda, terhadap penggunaan air mawar. Reaksi yang ditimbulkan pun berbeda-beda, sekalipun air mawar itu cocok, reaksinya seperti iritasi, atau kulit menjadi gatal, ruam hingga kemerahan.

Berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan air mawar, dalam batas normal, untuk kulit sensitif itu sah-sah saja, bahkan dapat membantu. Namun jika sudah menunjukkan gejala efek samping, sebaiknya penggunaannya dihentikan.

BACA JUGA:Apakah Air Mawar Viva Cocok Untuk Kulit Sensitif? Cek di Sini Selengkapnya Serta Efek Sampingnya

Untuk kulit kering, sebenarnya penggunaan air mawar, juga merupakan salah satu opsi praktis dalam merawat serta menjaga kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari laman pencarian Nature4nature, yang ditulis oleh Rajesh Kumar pada tanggal 16 Februari 2023, beliau menyampaikan bahwa penggunaan air mawar untuk kulit kering, tidak terlalu banyak menimbulkan gejala efek samping. Justru malah mampu menghidrasi kulit wajah yang kering.

Kulit kering, itu tandanya kurang terhidrasi. Maksudnya kadar air yang terkandung di wajah menyusut, bahkan kelembaban wajah tak seimbang. Dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan wajah, seperti pori-pori membesar, serta tumbuhnya jerawat, kulit mudah pecah dan mengelupas.

Menurut laman Nature4nature yang tadi disebut diatas, memiliki pendapat bahwa, jika ingin merasakan perawatan kulit kering secara optimal. Maka penggunaan air mawar harus dikombinasikan dengan bahan tertentu, seperti Gliserin yang dapat sangat berguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: