Mengapa Kulit Wajah Bruntusan? Simak 7+ Penyebabnya, Hindari Yaa!

Mengapa Kulit Wajah Bruntusan? Simak 7+ Penyebabnya, Hindari Yaa!

wajah bruntusan-pixabay.com-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com – Ketika di wajah muncul bruntusan, kita akan bertanya-tanya mengapa kulit wajah bisa bruntusan? dan jawabannya banyak sekali penyebab dari bruntusan ini.

KULIT BRUNTUSAN, APA ITU?

Bruntusan merupakan kondisi kulit yang terasa kasar dan munculnya bintik-bintik kecil pada kulit. Meski tak terlalu berbahaya, namun bisa mengganggu penampilan. Terkadang juga kondisi ini bisa tercipta rasa gatal. Bruntusan dapat muncul di berbagai area tubuh, misanya pada bagian wajah, leher, lengan, bahu, dan dada.

PENYEBAB WAJAH BRUNTUSAN 

Dihimpun dari sumber garnier.co.id,  penyebab wajah bruntusan yang utama adalah produksi sebum yang berlebihan di kulit wajah. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah. Ketika produksi sebum berlebihan, pori-pori kulit wajah dapat tersumbat dan menyebabkan bruntus. Faktor penyebab munculnya bruntusan yang lainnya yaitu : 

1. Menggunakan Produk Kecantikan yang Tidak Tepat

Menggunakan produk kecantikan yang tidak tepat dengan jenis kulit akan menyebabkan wajah bruntusan. maka hati-hatilah saat memilih produk kecantikan untuk kulitmu, sesuaikan dengan jenis kulit agar tidak terjadi  bruntusan pada wajahmu.

2. Kurang Membersihkan Wajah

Ketika tidak membersihkan wajah sehabis dari luar atau setelah penggunaan make up, maka bisa jadi ini penyebab munculnya bruntusan.  Jadi jangan malas ya untuk membersihkan wajah agar tak muncul bruntusan.

3. Polusi

Polusi bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan. Seperti pada poin sebelumnya, cobalah untuk selalu membersihkan wajah setalah beraktivitas dari luar. 

4. Paparan Matahari

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit dan meningkatkan risiko bruntusan, apalagi jika terlalu lama berada di bawah teriknya matahari. Maka sebisa mungkin untuk gunakan sunblock atau sunscreen ketika mengharuskan ada di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara berlebihan dan terlalu lama.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: