Ini 5+ Cara Ampuh Hilangkan Flek Hitam Pada Wajah. Bahannya Alami dan Mudah Dicari Di Sekitarmu!

Ini 5+ Cara Ampuh Hilangkan Flek Hitam Pada Wajah. Bahannya Alami dan Mudah Dicari Di Sekitarmu!

masker lidah buaya-google-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com – Flek hitam dapat mengganggu penampilan, namun ada cara ampuh untuk menghilangkan flek hitam ini, yaitu dengan menggunakan bahan alami yang mudah dicari dan ada di lingkungan sekitar.

PENYEBAB FLEK HITAM

Flek hitam merupakan noda hitam yang muncul pada kulit wajah. Penyebab dari munculnya flek hitam ini karena peningkatan produksi hormon melanin dan faktor yang memicu peningkatan hormon melanin bisa bermacam-macam, mulai dari faktor genetic, paparan sinar ultraviolet, konsumsi obat-obatan tertentu dan banyak faktor lainnya.

BACA JUGA:Hindari Warna-warna Ini! 7 Warna Hijab yang Bikin Wajah Kusam

CARA MENGHILANGKAN FLEK HITAM SECARA ALAMI

Lalu apakah flek hitam ini bisa hilang? Tentu saja bisa. Sebelum ke dokter untuk perawatan, alangkah lebih baiknya gunakan bahan secara alami yang ada di sekitarmu terlebih dahulu.  Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami.

1. Sari Tomat

Tomat pastinya sangat mudah ditemukan dan ada di sekitarmu. Tomat yang kadang masih saja diperdebatkan apakah termasuk buah atau sayuran ini ternyata mengandung likopen. Apa itu likopen?

BACA JUGA:5+ Warna Jilbab yang Cocok dengan Gamis Hitam, SIMAK DAFTARNYA!

Likopen adalah senyawa pigmen alami yang memberikan warna merah pada buah-buahan dan sayuran. zat ini lah yang dapat membuat kulit lebih sehat dan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakan sari tomat sebagai toner yang alami. Caranya dengan siapkan tomat yang sudah agak lembek, hancurkan sampai keluar sari-sarinya lalu oleskan pada wajah dan bilas hingga wajah bersih.

2. Pepaya 

Pepaya merupakan buah yang menandung enzim papain yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Untuk penggunaan masker dari papaya ini, siapkanlah pepaya yang sudah matang, haluskan, lalu oleskan di wajah. Ketika sudah kering, maka bilaslah wajah hingga bersih.

BACA JUGA:3+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Minyak Kayu Putih, Mudah dan Dijamin Bikin Plong!

Gunakan buah papaya ini sebagai masker untuk menghilangkan flek hitammu dengan cara alami.

3. Madu

Bahan lainnya yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. Madu ini mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu meredakan peradangan dan mencerahkan kulit. 

Cara menghilangkan flek hitam menggunakan madu yaitu dengan mencampurkan madu dan bahan lainnya seperti  yogurt atau tepung beras.

BACA JUGA:Mau Makan+Ngopi Bonus Healing? Ini 5+ Cafe Bernuansa Alam Di Tegal, Dari Gunung Hingga Pantai Juga Ada!

Aduk bahan-bahan tersebut lalu oleskan pada wajah yang ada flek hitamnya. Biarkan selalam -+ 5 menit lalu setelah itu bilas wajah hingga bersih. Agar maksimal, kamu harus rutin perawatan wajah dengan menggunakan madu ini.

4. Kunyit 

Kunyit bahan alami yang mengandung antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dan flek hitam. Gunakan kunyit sebagai masker. 

Campurkan bubuk kunyit dan madu. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah. Diamkan selama -+ 15 menit, lalu bilaslah wajahmu.

BACA JUGA:4+ Cafe Dengan Konsep Outdoor Di Tegal, Tempat Nongkrong yang Chill Abis!

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai penghilang flek hitam, karena mengandung asam lemak dan vitamin E yang bisa melembapkan kulit. 

Gunakan sebagai pelembab setelah membersihkan wajah, pakailah kapas saat menggunakannya dan usap pada wajahmu.

6. Lidah Buaya

Tumbuhan yang satu ini sudah tak asing lagi manfaatnya sebagi bahan alami perawatan diri. Mulai dari rambut hingga untuk menghilangkan flek hitam. Lidah buaya yang mengandung gel ini dapat memberikan efek mendinginkan, serta bisa meratakan warna kulit. 

Oleskan gel lidah buaya pada flek hitam di wajah, diamkan sebentar hingga meresap setelah dirasa meresap lalu bilaslah wajah hingga bersih.

BACA JUGA:4+ Rekomendasi Sate Kambing Muda Tegal, No 4 Paling Favorit bikin Ketagihan!

Nah itulah bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitarmu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah yang mendapat referensi dari sumber halodoc.com dan sumber lainnya.

Perlu diingat juga bahwa bahan alami prosesnya akan memakan waktu lebih lama, jadi bersabarlah ketika menggunakan bahan alami untuk perawatan diri. Jika dirasa alergi pada bahan alami tersebut, maka hentikan pemakaian dan coba konsultasikan ke dokter. 

Sambil perawatan diri menggunakan bahan alami, tentunya harus tetap terapkan pola hidup sehat juga ya, agar perawatan tubuh bisa seimbang serta bisa mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: