Calon Jamaah Haji Senam Kebugaran dan Manasik di Alun-alun Talaga

Calon Jamaah Haji Senam Kebugaran dan Manasik di Alun-alun Talaga

MANASIK: Praktik manasik haji di halaman Masjid Al Ibrahimy, Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja. -Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Puluhan calon jamaah haji di bawah pengawasan Pimpinan Daerah (PD) Persatuan Islam (Persis) menggelar kegiatan senam kebugaran yang ceria di Alun-alun Talaga pada Senin (19/2).

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Minggu (18/2), puluhan calhaj telah mengikuti praktik manasik haji di halaman Masjid Al Ibrahimy, Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja.

Ketua PD Persis Kabupaten Majalengka, Ustad H Nurhuda, SE, mengungkapkan bahwa Persis saat ini belum memiliki Kelompok Bimbingan Manasik Haji (KBIH) resmi.

Oleh karena itu, para calon jamaah haji Persis terdaftar sebagai calon jamaah haji mandiri di kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Panwascam Sumberjaya Kawal Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024

"Secara legal formal, Persis belum menjadi KBIHU, sehingga di Kementerian Agama disebut Jemaah Mandiri/Persis," ujar Ustad Huda, diiyakan Bidgar Haji, Ustad H Ade Koswara, dan Ketua Rombongan Jamaah Persis, Iwan Ridwan Lc.

Iwan menambahkan bahwa jumlah calon jamaah haji yang mengikuti latihan manasik haji di Persis mencapai 34 orang.

Rinciannya melibatkan 28 calhaj reguler, 4 calhaj cadangan, dan 2 calhaj mutasi.
"Kami telah melaksanakan latihan manasik haji sebanyak 12 kali, dan pada Minggu (18/2), kami menggelar latihan praktek sekaligus penutupan manasik haji," ujarnya.

Nurhanudin, seorang calhaj asal Kelurahan Majalengka Kulon, menyatakan meskipun hanya bisa mengikuti satu dari 12 kali latihan manasik karena pekerjaannya di laut lepas yang tidak memungkinkan cuti, namun bersyukur masih dapat ikut senam kebugaran di Alun-alun Talaga untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Berjaya di Kabupaten Majalengka Akan Tetapi Kursi Ketua DPRD Dipegang PDIP

Suami Hj Lilis Lina Naoralita SAg, ini berharap agar semua dilancarkan dan dimudahkan dalam melaksanakan ibadah haji nantinya. Harapan ini juga dinyatakan oleh calhaj lainnya, Rian (60). (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: