Mau Berenang Bersama Ikan, Yuk Mampir ke Pemandian Dewa Ikan Cibulan, Fasilitas yang Banyak dan Ramah Anak

Mau Berenang Bersama Ikan, Yuk Mampir ke Pemandian Dewa Ikan Cibulan, Fasilitas yang Banyak dan Ramah Anak

Tempat wisata di Kuningan salah satunya Pemandian Ikan Dewa Cibulan -Official NET News - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Apakah tidak berbahaya jika berenang bersama ikan. Ya tentu tidak selama ikan tersebut bukan piranha. Nah kali ini, apa yang ada di Pemandian Dewa Ikan Cibulan adalah sejenis ikan yang ramah bagi manusia.

Ikan-ikan yang ada di Pemandian Dewa Ikan Cibulan adalah jenis ikan dengan bahasa latin Labeobarbus Dournesis, dan nama lokalnya yaitu Kancra Bodas. Ikan-ikan yang ada disini juga memiliki mitosnya tersendiri.

Mitos ikan-ikan dewa ini adalah, dahulunya ikan-ikan ini adalah sekolompok para prajurit-prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang dan tidak setia terhadap Prabu Sililwangi di masa pemerintahan beliau. Singkat cerita Prabu Siliwangi pun murka, lalu beliau mengutuk para prajurit-prajurit ini sehingga menjadi ikan.

Mitos ini sudah turun temurun di kalangan masyarakat Desa Maniskidul dan Masyarakat Kuningan. Mitos ini juga merupakan suatu kepercayaan tradisional yang sudah ada sejak lama, dan bagi teman-teman yang mengunjungi tempat wisata Pemandian Dewa Ikan Cibulan ini, selayaknya harus menghargai dan menghormati, mitos-mitos seperti ini.

BACA JUGA:10+ Kuliner Khas Tegal, Salah Satunya Favorit Artis dan Pejabat

Tempat wisata Pemandian Dewa Ikan Cibulan, pertama kali diresmikan pada tahun 27 Agustus 1939, oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R.A.A. Mohamad Achmad. Terletak di Jl. Maniskidul, Kecamatan Jalaksana.

Air yang bersih dan jernih, yang ada di Pemandian Dewa Ikan Cibulan merupakan daya tarik untuk para wisatawan, serta karena air nya sangat jernih, maka pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pun menjadikan air dari Cibulan sebagai sumber mata air.

Tempat wisata Pemandian Dewa Ikan Cibulan sendiri di dalamnya terdapat dua kolam besar dengan bentuk yang menyerupai persegi panjang. Kolam pertama memiliki ukuran 35x15m² dengan kedalaman kurang lebih sekitar 2 meter. Kolam kedua sendiri berukuran 45x15m² dan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dengan kedalaman 60cm dan bagian kedua dengan kedalaman 120cm.

Selain kolam, terdapat pula 7 Sumur yang ada di kawasan Pemandian Dewa Ikan Cibulan diantaranya, Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, Sumur Keselamatan. Konon katanya diantara salah satu sumur ini terdapat kepiting emas, yaitu di Sumur Cirancana.

BACA JUGA:Menyelami Ketenangan Alam: Petualangan di Kebun Teh Hijau Majalengka

Hal menarik lainnya yang ada di tempat wisata Pemandian Dewa Ikan Cibulan, adalah fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam pemandian yang sejuk dan bersih, karena air di kolam Cibulan ini dibersihkan selama dua minggu sekali secara rutin oleh pihak pengelola.

Fasilitas penunjang lainnya yaitu, dengan hadirnya spot foto dengan latarbelakang yang menarik, serta layak untuk dijelajahi secara keseluruhan untuk spot foto yang ada, jadi sayang sekali untuk dilewatkan bukan.

Jika sudah puas dengan berenang atau mandi bersama ikan di Pemandian Dewa Ikan Cibulan, teman-teman juga bisa mencicipi kuliner khas yang tersedia disana, dengan suasana tempat makan yang rindang dan bikin tenang.

Tempat wisata ini juga ramah anak, dengan banyaknya fasilitas anak disana, seperti contoh kolam yang agak dangkal kedalamannya. Untuk tiket masuk ke Pemandian Dewa Ikan Cibulan yakni sebesar 20 ribu saja. Dan akses jalan untuk sampai ke tempat wisata ini, hanya menempuh jarak kurang lebih 47 menit jika dari Kota Cirebon via Jl. Ciperna melalui Jl. Raya Beber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: