Pantai Pulau Cemara Sawojajar yang Ada di Brebes, Unik dan Menarik, Bisa Healing Anti Pusing

Pantai Pulau Cemara Sawojajar yang Ada di Brebes, Unik dan Menarik, Bisa Healing Anti Pusing

Pantai Pulau Cemara Sawojajar Brebes, cocok untuk destinasi tempat wisata.-Ensiklopedia Jawa Tengah - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Yuk nikmati destinasi pantai yang ada di Brebes, dengan beragam panorama dan estetika yang ada. Maka tak dipungkiri jika banyak orang yang rela berdatangan, baik bersama keluarga ataupun bersama pasangan, salah satunya adalah pantai ini.

Pantai Pulau Cemara Sawojajar, terletak di Kecamatan Wanasari. Tidak jauh dari Kota Brebes, yang hanya berjarak sekitar kurang lebih 30 menit jika dari pusat Kota Brebes. Dan jika dari arah Kota Cirebon, maka jarak tempuhnya yaitu berjarak kurang lebih 1 jam 17 menit. Bisa dilalui dengan kendaraan beroda dua ataupun kendaraan roda empat.

Pantai ini memiliki segudang pemandangan yang ciamik, dan panorama yang menarik. Maka tak heran jika pada hari weekend telah tiba, banyak para wisatawan yang mengunjungi pantai ini, dan pantai ini juga cocok untuk semua kalangan, dan juga ramah anak.

Untuk sekadar melepas penat dan healing dikala liburan tiba, atau hanya hari weekend semata. Maka tidak salah jika destinasi tempat wisata Pantai Pulau Cemara Sawojajar menjadi hal yang wajib untuk dikunjungi oleh teman-teman semua.

BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata di Brebes Tegal Dengan Fasilitas Lengkap yang Wajib Dikunjungi

Kenapa pantai ini bisa dinamakan sebagai Pantai Pulau Cemara Sawojajar, karena abrasi yang dulu pernah terjadi, maka pantai ini menjadi terpisah dan hanya menyisakan suatu pulau yang nantinya dinamakan menjadi Pulau Cemara.

Mengapa pula dinamakan sebagai Pulau Cemara, karena pohon cemara banyak ditanami di pulau ini, khususnya cemara laut. Hal ini dilakukan oleh para pengelola, yang bertujuan untuk mencegah abrasi agar tak terjadi lagi.

Pantai Pulau Cemara Sawojajar ini dikelola oleh, sekelompok orang yang disebut sebagai Pokdarwis Wisata Pantai Pulau Cemara (WPPC). Yang turut andil membangun serta merevitalisasi wajah pantai dan pulau cemara, bersama lapisan masyarakat yang bergotong royong demi mewujudkan pantai ini menjadi tempat wisata.

Pantai Pulau Cemara Sawojajar, mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017. Dengan lonjakan pengunjung yang semakin berkembang di tiap tahunnya, dan dapat membantu sektor perekonomian bagi warga sekitar yang ikut terdampak dari tempat wisata pantai ini.

BACA JUGA:Gen Z Pasti Suka! 4 Daftar Wisata Hits di Majalengka Wajib Kunjungin

Apa hal menarik yang ada di Pantai Pulau Cemara Sawojajar ini, yaitu banyak sekali dan diantaranya seperti, panggung hiburan cemara musik, cemara camping ground, gazebo, perahu-perahu kecil, juga tempat untuk spot foto.

Jadi, Pantai Pulau Cemara Sawojajar. Bisa untuk segala macam aktivitas. Mau hiburan dan karaoke pun bisa. Jika suka berkegiatan diluar luangan, juga disediakan tempat camping. Jika lelah setelah megitari wilayah Pulau Cemara, bisa juga beristirahat di gazebo yang disediakan. 

Dan untuk aktivitas edukasi pun  bisa dengan mencoba langsung kegiatan seperti, menanam pohon mangrove yang bisa dijadikan sebagai edukasi untuk anak. Karena hal ini dapat membuat kesadaran anak menjadi bertambah akan pentingnya menjaga dan melestarikan suatu lingkungan.

Aktivitas ramah anak lainnya yang ada di Pantai Pulau Cemara Sawojajar ini adalah, adanya maskot pulau cemara yang dinamakan sebagai Simino, dengan desain lucu dan menarik perhatian. Maka tak heran jika banyak anak-anak yang suka berfoto dengan maskot yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: