Di SMAN Leuwimunding, Terdata 26.837 Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

Di SMAN Leuwimunding,  Terdata 26.837 Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

KTP-EL: Pj Bupati Majalengka H Dedi Supandi secara simbolis menyerahkan KTP-el kepada siswa SMAN Leuwimunding yang sudah melakukan perekaman, Rabu 24 Januari 2024.-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus memfasilitasi pembuatan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula.

Jika sebelumnya dilaksanakan di SMA Cikijing, kali ini sasaran akselerasi kepada remaja dan pelajar yang usianya sudah masuk sebagai daftar pemilih pemula itu dilaksanakan di SMA Negeri Leuwimunding, Rabu 24 Januari 2024.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Majalengka, H Ade Saepudin SSos menyebutkan, total DPT Kabupaten Majalengka berjumlah 998.757 jiwa, sebanyak 26.837 jiwa atau 0,88 persen merupakan pemilih pemula yang juga merupakan anak-anak sekolah kelas XII.

"Sebanyak 26.837 jiwa itu merupakan data pokok dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kegiatan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula ini terus dikebut pelaksanaannya bertujuan untuk melengkapi data pemilih pemula pada pemilu dan pilkada serentak 2024," sebut Ade.

BACA JUGA:Pemimpin Ponpes Suryalaya Tasikmalaya KH Baban Ahmad Jihad Tutup Usia

Ade menyatakan nantinya pelajar atau remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti bisa ikut berpartisipasi dibuktikan dengan KTP-el.

Pekan lalu, kata mantan camat Leuwimunding ini, tersisa 12.505 jiwa yang belum melakukan perekaman KTP-el sampai tanggal 17 Januari 2024. Namun jumlah tersebut turun seiring upaya Disdukcapil kabupaten Majalengka terus melakukan jemput bola ke setiap sekolah-sekolah.

"Sampai saat ini pemilih pemula memang belum melakukan perekaman. Kita upayakan jemput bola. Jumlahnya terus turun dan tersisa 11.466 belum melakukan perekaman KTP-el," jelasnya.

Ade mengatakan, berbagai strategi percepatan perekaman KTP-el kategori pemilih pemula terus dilakukan mulai dari updating data, melaksanakan perekaman jemput bola hingga memberikan pelayanan perekaman KTP-el di Disdukcapil demi tercapainya target sampai 14 Februari 2024 pemilih pemula bisa melakukan pencoblosan.

BACA JUGA:Mantan Vokalis Rumput Laut Promosikan Bukit Goprak

Pihaknya juga terus memaksimalkan layanan dengan membuka layanan pada hari Sabtu atau weekend service dari jam 08.00-13.00 WIB. Disamping itu beberapa kecamatan melakukan kegiatan jemput masyarakat oleh desa desa  untuk di antar ke kecamatan dilakukan perekaman.

Disdukcapil juga bekerja sama dengan KCD IX Dinas Pendidikan Provinsi untuk mengarahkan para siswa dan siswi SMA/MA/SMK yang merupakan pemilih pemula yang saat ini masih berusia 16 tahun untuk dapat melakukan perekaman KTP-el.

Sementara itu, Pj bupati Majalengka H Dedi Supandi saat memonitoring perekaman KTP-el di SMA Negeri Leuwimunding mengatakan ini merupakan langkah pemerintah daerah melalui Disdukcapil jemput bola dalam perekaman KTP-el bagi pemilih pemula khususnya di lingkungan sekolah SMA, SMK dan MA.

Proses perekaman data pemilih pemula tersebut diharapkan rampung sesuai target, sehingga mereka bisa memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Pihaknya berupaya semaksimal mungkin jemput bola ke setiap sekolah juga menyelenggarakan pelayanan saat hari libur sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: