Solusi Mengatasi Dinding Rumah Lembab dan Berjamur Dapat Menghindari Masalah Kesehatan

Solusi Mengatasi Dinding Rumah Lembab dan Berjamur Dapat Menghindari Masalah Kesehatan

Solusi mengatasi dinding lembab dan menjamur.-Instagram.com/trueenviro -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM-Kenapa dinding rumah bergelombang dan lembab ? sering kali terdapat pertanyaan tersebut, biasanya dinding akan lembab dan berjamur ketika musim hujan tiba sehingga bentuk dinding akan bergelombang, hal tersebut biasanya diakibatkan oleh pengerjaan dinding yang tidak sempurna.

Dinding lembab dan berjamur selain merusak keindahan tembok, mengganggu kenyamanan aroma udara pada ruangan, juga dapat merusak kesehatan orang-orang yang beraktivitas dengan sering di dekat dinding tersebut.

Sehingga perlu diketahui, kenapa dinding rumah dapat lembab dan berjamur agar mendapatkan solusi dari hal tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengalami dinding lembab dan berjamur, sehingga masalah tersebut akan teratasi.

Dinding berjamur dapat disebabkan dari ventilasi dalam suatu ruangan tidak baik, dengan begitu uap air akan diserap oleh dinding yang menyebabkan timbulnya jamur tersebut. 

BACA JUGA:4 Cara Mengatasi Acian Pada Dinding Retak, Dapat dicoba!

Oleh sebab itu anda harus memperhatikan dinding rumah dengan benar karena jika dinding sudah berjamur dan lembab akan mengurangi keindahan dari ruangan tersebut.

Terdapat cara untuk menghindari tembok lembab dan berjamur agar dapat menghindari penyakit yang ditimbulkan, karena tembok yang berjamur akan menimbulkan masalah penyakit bagi penghuninya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi tembok berjamur:

1. Campur air dan cuka pada wadah semprotan, lalu dikocokan supaya kedua bahan merata. Larutan paa cuka tersebut dapat berfungsi untuk menghilangkan jamur yang menempel di dinding.

2. Gunakan Sarung tangan pada saat proses pembuatan, menggunakan perbandingan 1:1 pada cuka dan air namun jika jamur yang banyak gunakan 5:1. Setelah tercampur semprotkan pada dinding yang berjamur secara merata dan biarkan permukaan mengelupas pada dinding.

BACA JUGA:BKKBN Dorong Kolaborasi Masyarakat Turunkan Stunting

3. Lalu kerok semua permukaan dinding yang mengelupas, jika sudah anda akan mendapati tembok yang nampak berlubang dan kasar, kemudian amplas agar permukaan merata.

4. Kemudian ditambal dengan semen putih pada tembok yang berlubang akibat jamur dan diamkan hingga mengering. Setelah kering lakukan pengamplasan hingga dinding halus, dan dilanjut dengan proses pengecatan menggunakan cat waterproof sebagai lapisan dasar pada dinding.

5. Dan terakhir lapiskan kembali dengan cat sesuai pada warna tembok sebelumnya.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi dinding yang lembab dan berjamur, anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu merobohkan dinding karena berjamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: