Populasi Kucing Membeludak, Solusi Steril Kucing Kampung Apakah benar?

Populasi Kucing Membeludak, Solusi Steril Kucing Kampung Apakah benar?

Manfaat steril kucing kampus dan ras.-halodoc.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sterilisasi merupakan proses dengan tujuan agar kucing tidak berkembang biak lagi baik jantan maupun betina. Sehingga terdapat manfaat yang diberikan jika melakukan sterilisasi kucing.

Kucing jantan akan diangkat testis  yang merupakan sumber utama dari hormon testosteron yang mengakibatkan kadar hormon pada kucing akan turun setelah operasi.

Sedangkan pada kucing betina akan diangkatkan rahim dan ovarium sehingga dapat menjadikan kucing betina ini mandul alias tidak akan bisa hamil kembali.

Banyak pemelihara kucing yang tidak ingin menambah kucing, sehingga melakukan sterilisasi kucing dan terdapat banyak manfaat yang dirasakan baik untuk kucing dan pemeliharanya. 

BACA JUGA:3 Produk Makanan Kucing Berkualitas Dengan Harga Murah, Harus Dicoba !

Bukan hanya kucing peliharaan yang dapat disteril, namun juga terdapat kucing kampung salah satunya dengan manfaat menurunkan populasi kucing yang kini telah membeludak. Berikut ini berbagai macam manfaat dari steril pada kucing kampung yang dilakukan, diantaranya :

1.Mengontrol Populasi Kucing

Kucing dapat berkembang biak cukup banyak dalam satu kali lahiran, mayoritas kucing akan mendapatkan 4 anak kucing dalam satu kali melahirkan sehingga menyebabkan populasi kucing kini semakin banyak.

Jika anda pemelihara kucing dan tidak ingin memiliki kucing tambahan lagi anda dapat mensterilkan kucing. Apalagi jika kucing anda telah berusia 6 bulan karena pada usia tersebut adalah usia pertama kawain pada kucing.

2.Mengurangi Naluri Alamiah Kucing

Kucing memiliki naluri alamiah seperti senang menjelajahi, jika kucing telah disteril maka kucing akan mengurangi minat dalam jalan-jalan ke tempat keramaian sehingga akan mengurangi kecelakaan pada kucing.

BACA JUGA:Satpol PP Siap Tertibkan APS Pemilu yang Melanggar Perda

Selain itu, biasanya kucing jantan akan mencari pasangan dan memiliki naluri untuk mempertahankan wilayahnya, dengan steril maka dapat mengurangi naluri dan hormon tersebut akan menurun.

3.Mencegah Penyakit Pada Kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: