Apakah Kopi Dapat Menimbulkan Asam Lambung? Berikut Ini Solusinya!

Apakah Kopi Dapat Menimbulkan Asam Lambung? Berikut Ini Solusinya!

Kopi dapat menimbulkan penyakit asam lambung, namun terdapat solusi untuk tetap mengkonsumsi kopi, simak artikel ini.-halodoc.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Adakah efek samping pengidap asam lambung ketika meminum kopi?  Melansir dari laman halodoc, kopi dapat memberikan efek samping yaitu memicu terjadinya GERD serta dapat meningkatkan resiko peradangan lambung.

Kopi dengan kandungan kafein yang rendah mengakibatkan relaksasi cincin pada otot tenggorokan di bagian bawah yang akan mengakibatkan asam lambung dapat naik dan akan menjadi salah satu gejala penyakit GERD.

Walaupun kopi mengandung kafein sedikit ternyata dapat membuat stimulasi terbentuknya asam pada lambung. Oleh sebab itu jika mengkonsumsi dengan kondisi perut kosong maka akan membuat asam pada lambung menjadi meningkat.

Gejala asam lambung ini dapat ditandai dengan perut menjadi mules dan akan merasakan masalah pencernaan, sehingga akan merasakan sakit perut dalam seharian. Jika sudah mengalami gejala tersebut sebaiknya anda tidak dianjurkan meminum kopi.

BACA JUGA:Sikapi Konflik Israel - Palestina, Pemkab Majalengka Kelurkan Maklumat Ini Poinnya

BACA JUGA:Musim Terbang 2022/2023, Tercatat Ada 400 Pengujung Ikut Olahraga Paralayang

Berbeda dengan orang yang sering mengkonsumsi kopi dengan kondisi lambung dan pencernaan yang sehat, sehingga dapat minum kopi sekitar 200 miligram. Jika dihitung percangkir sama dengan 2 sampai 3 cangkir kopi setiap hari dengan tanpa merasakan efek gangguan pencernaan.

Berikut ini terdapat solusi bagi anda yang gemar minum kopi namun memiliki riwayat asam lambung, diantaranya:

1.JIka anda penggemar kopi namun memiliki riwayat asam lambung, disarankan untuk memilih kopi yang telah dipanggang sampai hitam (dark roast), karena kopi tersebut aman dikonsumsi dengan mengekstrak asam lebih sedikit. Sehingga kandungan pada kafein ini tidak terlalu banyak dan aman diminum oleh anda, namun jangan berlebihan dalam meminum kopi dan disarankan untuk makan terlebih dahulu.

2.Terdapat pilihan lain yaitu kopi decaf yang memang mengandung kafein lebih rendah jika anda bandingkan dengan kopi chicory atau kopi pada umumnya. Kopi ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk anda yang memiliki riwayat asam lambung.

BACA JUGA:Ada Diskon Khusus Untuk Pengunjung Obyek Wisata Paralayang, Begini Penjelasannya

BACA JUGA:5 Jenis Kopi Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

3.Anda juga dapat menambahkan susu dalam kopi yang akan dikonsumsi, karena susu tersebut akan membantu meningkatkan asam klorogenik sehingga akan menekan terbentuknya tau terjadinya asam lambung.

4.Rekomendasi juga buat anda pilihlah jenis kopi latte, karena kopi late juga memiliki proses pemanggangan yang cukup lama dan dapat ditambahkan dengan susu sehingga rasanya pun akan semakin nikmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: