Majalengka Menjadi Daerah Terpanas Di Tahun 2023

Majalengka Menjadi Daerah Terpanas Di Tahun 2023

Majalengka menjadi suhu tertinggi se-Indonesia mengakibatkan kekeringan dibeberapa desa.-www.detik.com-radarmajalengka.com

KABUPATEN MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM – Ternyata Majalengka menjadi salah satu daerah terdampak dari kemarau panjang di tahun 2023. Kemarau panjang telah melanda Majalengka bahkan dibeberapa daerah lainnya yang menyebabkan kekeringan, dehidrasi, dan suhu ruangan semakin meningkat. 

Terdapat dampak kekeringan yang terjadi di tahun ini pada kecamatan Bantarujeg, pasalnya mengalami krisis air bersih di daerah tersebut. Sehingga sekitar 1.500 jiwa atau 500 KK ini merupakan jumlah yang terdampak pada satu desa, sedangkan terdapat dua desa lagi mengalami kekeringan. 

Terasa beberapa hari terakhir musim kemarau di Majalengka memberikan suhu terpanas dan lebih gerah dari biasanya. Sehingga untuk anda yang sedang memiliki banyak aktifitas selalu menjaga kesehatan dengan meminum air secukupnya agar tidak dehidrasi, dan hindari aktivitas yang berlebih sehingga dapat menyebabkan sakit.

Pantauan pada tahun ini Kabupaten Majalengka dinobatkan menjadi kota terpanas di Indonesia. Dilihat dari BMKG Kertajati Majalengka, diantaranya yaitu : Majalengka masuk kedalam kota terpanas menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati, menytakan bahwa suhu tertinggi dimusim kemarau mencapai 38,7 derajat celcius. 

BACA JUGA:Konflik PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia: Saya Tidak Takut Dipolisikan Qomar Eks Napi Kasus Ijazah Palsu

BACA JUGA:Pemkab Majalengka Sosialisasi Program Kesempatan Kerja Padat Karya Tunai

Pada Senin, 16 Oktober 2023 menjadi pringkat pertama suhu tertinggi pada pemantauan di 20 stasiun BMKG se-Indonesia, tutur Faiz. Namun dari suhu 38,7 derajat celcius ternyata bukan suhu tertinggi di Majalengka karena pada 12 Oktober 2002 pernah mencapai suhu 40 derajat celcius.

Sedangakan menurut data yang tercantum pada tahun 1978 sampai 2022 suhu rata-rata maksimal di Majalengka kisaran 38,6 sampai 40 derajat celcius yang dapat terjadi pada bulan September hingga bulan November.

Sementara itu, udara di Majalengka kini memiliki penurunan dan diikuti dengan Cirebon yang telah terjadi hujan pada beberapa hari lalu. Pada wilayah Majalengka kini sudah masuk awal musim penghujan dan diperkirakan akan merata pada wilayah lain mulai bulan depan.

Dapat diperkirakan bahwa suhu normal akan dirasakan pada akhir bulan ini, sehingga menjadi kabar baik bagi masyarakat yang resah dengan panasnya suhu di Majalengka. Untuk Masyarakat yang masih merasakan kemarau panjang dihimbau selalu menjaga kesehatan serta memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga akan terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:Promosikan BIJB, Pemprov Jabar Angkat Seni dan Budaya

BACA JUGA:Perumahan Emeralda Memiliki Akses Dengan Bandara Kertajati

Itulah info yang dapat dirangkum dari BMKG Kertajati Majalengka, semoga memberikan manfaat serta pemahaman mengenai suhu meningkat di Kabupaten Majalengka. Tetap jaga kesehatan dan perbanyak minum air putih untuk menjaga kestabilan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: