Obat Alami Untuk Batuk dan Pilek pada Dewasa, Berikut Cara Membuatnya!

Obat Alami Untuk Batuk dan Pilek pada Dewasa, Berikut Cara Membuatnya!

Obat Alami Untuk Batuk dan Pilek pada Dewasa, Berikut Cara Membuatnya!-Lifestyle-Radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM- Ketika mengalami batuk pilek, Anda tidak mesti langsung berobat ke dokter, tetapi mencoba mengatasinya dengan bahan alami.

Batuk pilek memang penyakit yang biasanya dialami secara bersamaan. Orang yang mengalami pilek biasanya disertai dengan hidung tersumbat, tenggorokan sakit, kepala pusing, dan sekaligus batuk.

Meski terlihat sudah lumrah dan umum terjadi, namun pilek dan batuk juga harus diatasi. Sebab dapat menggangu aktivitas sehari-hari dan tentunya menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya.

Pilek dan batuk ini merupakan gejala infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), terjadi akibat faktor perubahan cuaca yang tidak stabil.

Untuk mengobati pilek dan batuk, bukan hanya obat-obatan yang biasa dijual di Apotik atau berobat ke dokter saja.

BACA JUGA:Obat Alami Atasi Flu dan Batuk pada Bayi

Ada bahan alami yang bisa menyembuhkan pilek dan batuk. Bahan alami ini salah satu solusi alternatif untuk mengatasi pilek dan batuk yang aman, sehat, juga mudah.

Berikut obat alami untuk menyembuhkan pilek dan batuk 

1. Madu Jahe

Ramuan madu, jahe dan bawang dipercaya dapat mengobati flu, batuk, dan demam. Ramuan herbal ini juga direkomendasikan oleh Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI).

Campuran ramuan ini bisa diminum 1 sendok teh sekaligus. Anda bisa meminumnya  3 kali sehari sebelum atau sesudah makan.

BACA JUGA:Pengobatan Herbal Batuk dan Pilek Untuk Orang Dewasa

Untuk menyimpan sisa ramuan, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es. Ramuan madu jahe bisa bertahan selama 2-3 hari.

Cara membuat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: