Pengembangan Dakwah Digital dan UMKM Ponpes

Pengembangan Dakwah Digital dan UMKM Ponpes

SEMINAR: ICMI Orda Kabupaten Majalengka menggelar seminar dengan tema "Membangun Ekonomi Keumatan dan pengembangan media dakwah berbasis digital" di Kecamatan Talaga, Kamis 12 Oktober 203.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Di era modern ini, media sosial menjadi salah satu platform terbesar yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Banyak sekali platform yang dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat, khususnya bagi generasi sekarang yang aktif menggunakan media sosial.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Majalengka H Gatot Sulaeman AP MSi menjelaskan secara demografis penduduk Indonesia terdiri dari generasi Z dan generasi Milenial.

"Penyampaian dakwah itu seperti dilakukan Sunan Kalijaga yaitu jangan melihat dan menilai orang dari penampilan tapi apa yang dikatakannya," kata Gatot saat menjadi narasumber seminar yang diadakan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Kabupaten Majalengka dengan tema "Membangun Ekonomi Keumatan dan pengembangan media dakwah berbasis digital" di Kecamatan Talaga, Kamis 12 Oktober 203.

Menurutnya, di era digital ini, berbagai cara digunakan oleh para Da’i atau orang-orang yang ingin menyebarkan agama Islam dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. Strategi dakwah era digital adalah upaya untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan melalui media digital. Beberapa strategi dakwah era digital yaitu membangun brand personal sebagai seorang penceramah di era digital, dan memanfaatkan sosial media untuk menjangkau generasi Milenial dalam berdakwah.

BACA JUGA:Putuskan Gibran Bacawapres Dampingi Prabowo, Partai Gerindra Kabupaten Majalengka Gelar Rapimcab

BACA JUGA:Hanya Rp. 10.000 Tarif Tiket Masuk Kebun Teh Cipasung Majalengka

"Strategi dakwah memanfaatkan media sosial ini penting untuk memahami karakteristik pendengar, membuat konten yang menarik, dan menjaga interaksi dan keterlibatan pendengar," tandasnya.

Sementara itu pemateri lain yang juga kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kabupaten Majalengka, Arif Daryana mengatakan pihaknya melalui akun resmi DK2UKM Majalengka di Instagram selalu mengupload lowongan kerja.

"Kami bertugas mengembangkan koperasi dan UMKM di Majalengka termasuk koperasi pesantren," ungkapnya.
Arif mengatakan pihaknya terbuka bagi UMKM dan koperasi untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dan sangat mendukung program ICMI ini demi mendukung pembangunan di daerah.

Ketua ICMI Orda Majalengka Dr H Diding Bajuri MSi menambahkan ICMI ini rumah besar umat Islam, dari ormas keagamaan apa pun boleh bernaung di ICMI.

BACA JUGA:Buper Leles Majalengka Menjadi Rekomendasi Tempat Kemah Terindah dan Nyaman Ditempati

BACA JUGA:Rute Penerbangan Beralih ke Kertajati, Tidak Menyurutkan Turis Datang ke Bandung

"ICMI ini organisasi mitra pemerintah tapi non struktural, SK-nya dari Orwil, yang merupakan organisasi mitra pemerintah yang membantu mensukseskan program pemerintah," tandasnya.

Menurut Diding, seminar ini tujuannya bagaimana kita hidup toleransi dalam keberagaman, bersuku-suku, berbahasa dan berbudaya yang berbeda. ICMI sudah menggelar silaturahmi kerja daerah (Silakda) di Universitas Majalengka (Unma) yang menghadirkan Ketua ICMI Pusat dan Ketua Orwil Provinsi Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: