Jalan Tol Kuningan Bakal Melingkari Gunung Berapi Tertinggi di Jawa Barat, Terakhir Meletus Tahun 1937

Jalan Tol Kuningan Bakal Melingkari Gunung Berapi Tertinggi di Jawa Barat, Terakhir Meletus Tahun 1937

Gunung Ciremai Tahun 1920-1933 (Dok. Tropenmuseum)--

Diketahui detailnya, rancangan Tol Kuningan ini akan melewati daerah Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka serta wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci.

pembangunan jalan Tol Getaci nantinya akan diharapkan dapat terkoneksi secara bertahap hingga Yogyakarta sesuai dengan rencana induk atau masterplan. Proyek Tol Getaci akan berperan untuk menghubungan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol New Yogyakarta International Airport atau NYIA Kulonprogo - Yogyakarta - Solo.

Sebelumnya, Tol Getaci merupakan sebuah proyek pembangunan jalan tol yang akan melintasi dua provinsi, yakni Jawa Barat dengan lintasan sepanjang 171,4 kilometer dan Jawa Tengan dan lintasan sepanjang 35,25 kilometer dengan total panjang mencapai 206,65 kilometer. Angka tersebut menjadikan Tol Getaci sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sesuai dengan yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Nilai investasi yang digunakan untuk membangun jalan tol tersebut memakan biaya sebesar Rp 56 triliun dan akan dibagi dalam 2 tahap pembangunan, yakni tahap pertama Gedebage hingga Tasikmalaya dengan rencana mulai dibangun pada 2022 dan selesai pada 2024, kemudian tahap kedua yakni Tasikmalaya hingga Cilacap dengan konstruksi yang dimulai pada 2027 dan selesai pada 2029 mendatang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: