Pelatihanan Kepemimpinan Diikuti 39 Pejabat Pengawas Angkatan I

Pelatihanan Kepemimpinan Diikuti 39 Pejabat Pengawas Angkatan I

PELATIHAN: Kepala BKPSDM Majalengka, Irfan Nur Alam mengatakan ada 39 pejabat pengawas yang mengikuti kegiatan tersebut.-Baehaqi-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Program pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Kabupaten Majalengka Tahun 2023, dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) pada Selasa (12/9).

Kepala BKPSDM Majalengka, Irfan Nur Alam mengatakan ada 39 pejabat pengawas yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ialah untuk mengembangkan kompetensi manajerial pengawas dan memastikan terwujudnya akuntabilitas dalam peran jabatan.

"Sebanyak 39 pejabat pengawas yang berasal dari perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka mengikuti pelatihan ini selama selama dua bulan," ujarnya.

BACA JUGA:FKPPI Siap Kawal Pesta Demokrasi Aman dan Sukses, Akan Bersikap Netral pada Pileg dan Pilpres 2024

BACA JUGA:Makam Ini Dekat Bandara Kertajati, Prajurit Mataram Kalah Perang, Kenapa Jadi Buruan Pencari Ilmu Pelet?

Selain itu Kepala BKPSDM juga mengungkapkan bahwa, semua peserta dalam pelatihan ini akan menjalani serangkaian tahapan pembelajaran klasikal atau tatap muka.

Sedangkan, program pelatihan ini akan berlangsung selama 905 jam pelatihan atau setara dengan 105 hari pelatihan.

Sementara itu, pelatihannya lanjut Kepala BKPSDM, dirancang dengan metode blended learning yang mencakup beberapa tahapan.

"Tahapan pertama adalah pelatihan mandiri yang akan dilakukan melalui pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) selama 11 hari. Dalam tahap ini, peserta akan diberikan materi dasar untuk memahami peran dan tanggung jawab pengawas," ungkapnya.

BACA JUGA:Dampak El Nino,Kekeringan Makin Meluas

BACA JUGA:Memanfaatkan Kearifan Lokal, Dekorasi Stand di MTQ Gunakan Anyaman Rotan

Bahkan, peserta akan melanjutkan pembelajaran dalam bentuk e-learning selama 12 hari. Tahap ini akan fokus pada pengembangan keterampilan khusus yang diperlukan oleh pengawas.

Kemudian untuk tahapan berikutnya adalah pembangunan komitmen bersama selama tiga hari. Di tahap ini, kata dia, peserta akan diajak untuk merancang komitmen bersama dalam melaksanakan tugas pengawas dengan penuh dedikasi.

Selanjutnya, peserta akan menjalani pembelajaran klasikal tahap I sampai dengan III selama 15 hari. Setelah menyelesaikan tahap pembelajaran klasikal, peserta akan melanjutkan dengan studi lapangan selama tiga hari.

"Tahap ini akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengamati langsung pelaksanaan tugas pengawas di lapangan," paparnya.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN-T Unma Seminarkan Literasi Digital Budaya Bermedia Digital

BACA JUGA:HUT ke- 64 Pepabri Bareng HUT ke 45 FKPPI Meriah

Terakhir, pelatihan akan ditutup dengan tahap aktualisasi kepemimpinan kinerja selama 60 hari. Dalam periode ini, peserta akan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari.

Ia berharap, para pengawas yang mengikuti diklat ini ke depan akan mampu bertugas memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan Kabupaten Majalengka.

Irfan Nur Alam menegaskan, program pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Kabupaten Majalengka Tahun 2023 ini merupakan upaya BKPSDM Majalengka untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme pengawas di lingkungan Pemkab Majalengka. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: