PAN Kabupaten Cirebon Tiba-Tiba Dorong Pendataan Cagar Budaya, Heru Subagia: Makam Keramat Itu Penting

PAN Kabupaten Cirebon Tiba-Tiba Dorong Pendataan Cagar Budaya, Heru Subagia: Makam Keramat Itu Penting

Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, tokoh Cirebon Timur, dan Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Gumelar Suryadiningrat meninjau makam keramat di Karang Suwung, Jumat (1/9)--

RADARMAJALENGKA.COM-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia, mendorong agar situs tiga makam keramat di wilayah pabrik Gula Karang Suwung itu segara ditetapkan menjadi cagar budaya.

“Kita mendorong kepada bupati (agar makam-makam keramat ini ditetapkan menjadi cagar budaya), karena memang itu penting,” jelas Heru kepada radarnajakangka.disway.id. Kamis (21/89).

Mengingat pentingnya makam-makam keramat, Heru mendorong pihak eksekutif untuk segera menetapkannya menjadi cagar budaya.

“Dan cagar budaya begitu ditetapkan kan memungkinkan untuk diintervensi dengan APBD, misalnya ada yang rusak diperbaiki,” ujar politikus PAN Kabupaten Cirebon.

Heru meminta Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, untuk segera menyelesaikan pendataan cagar budaya yang ada di kabupaten.

Selain segera menyelesaikan pendataan cagar budaya, lanjut Heru, maka tidak lain sebagai upaya melindungi keberlangsungan cagar budaya yang ada di Kabupaten Cirebon secara berkelanjutan.

 

Harus disadari, pengelolaan cagar budaya itu sangat perlu dilakukan agar nilai-nilai sejarah yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon tetap terjaga, tidak rusak dan juga hilang.

“Contohnya makam-makam keramat, harus bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan publik,”pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: