Unik dan Menarik Pohon Leles Jadi Perhatian Pecinta Lingkungan

Unik  dan Menarik Pohon Leles Jadi Perhatian Pecinta Lingkungan

POHON LANGKA: Sejumlah pecinta alam berfoto dibawah pohon Leles yang hanya ada dua di Indonesia, bahkan dunia.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Keunikan pohon Leles yang hanya ada 2 pohon di Indonesia, dan tumbuh di Kuningan serta di Curug Leles Desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi, MAjalengka mulai menarik perhatian sejumlah pemerhati dan pecinta lingkungan.

Salah satunya adalah Drs H Mahmud MM yang juga mantan Kabid BPLH Majalengka. Dikatakan dia, dengan melihat ekosistem dan tempat tumbuhnya pohon tersebut yang hanya ada di dua tempat dan hanya dua pohon saja di Indonesia menunjukkan jika pohon Leles merupakan pohon endemik Gunung Ciremai yang tergolong langka.

Apalagi pohon tersebut berdasarkan data dan hasil penelusuran pihaknya tidak bisa dikembangbiakan, sehingga harusnya ada kajian dan penelitian lebih lanjut mengenai keunikan pohon tersebut.

“Pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) harusnya bisa mengundang para ahli Botani untuk meneliti lebih mendalam tentang pohon itu, apalagi saat ini kan sudah ada BRIN. Saya berharap pihak TNGC segera berkomunikasi dengan pihak BRIN untuk dilakukan penelitian,” pintanya.

BACA JUGA:Kualitas Udara Perkotaan di Indonesia, Menkes Usul Pinjam Kendaraan Monitor Polusi Milik China

BACA JUGA:Peta Baru Tiongkok Acak-Acak Malaysia, Brunei, Filipina, Indonesia, dan Vietnam, Kemlu China Bilangnya Ini

Ia sendiri mengaku sudah membudidayakan tanaman khas Bantaragung yakni pohon Ambit yang sengaja ditanam di sekitar Bunderan Munjul tak jauh dari monumen pesawat, tepatnya di samping Mie SP.

“Kalau untuk tanaman endemik Bantaragung yakni pohon Ambit, alhamdulilah saya sudah berhasil mengembangbiakan dan sudah saya tanam di sekitar bundaran Munjul dan kini kondisinya tumbuh subur,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Resort TNGC Dadan Taopik saat dikonfirmasi mengakui, pihaknya memang belum melakukan penelitian mendalam terkait pohon unik tersebut, termasuk mencoba mendatangi ahli Botani maupun BRIN.

“Kita belum melakukan penelitian mengenai hal itu, apalagi sampai mengundang ahli Botani maupun BRIN, mudah mudahan kedepan hal itu bisa dilakukan,” ucapnya.

BACA JUGA:Ambil Ponsel Anda, Bagikan Link Terima Saldo DANA Gratis Rp 95 Ribu Langsung Cair

BACA JUGA:Foto Ini Picu Spekulasi Keberadaan Manusia Zaman Batu di Kawasan Hutan Pegunungan Harz

Ia mengakui pohon Leles memang memiliki keunikan yang khas, yakni selain di Indonesia ini hanya ada dua pohon, bahkan mungkin di dunia, pohon tersebut memiliki ciri khas berkulit kayu putih dan tumbuh besar menjulang tinggi.

Sementara itu dari pantauan Radar Cirebon Group kemarin, sejumlah pencinta lingkungan di Kabupaten Majalengka yang mencoba melakukan ekspedisi mengakui, postur dan bentuk pohon Leles sangat unik dan mirip dengan pohon pohon purba. Selain tumbuh besar kulit pohonnya berbeda dengan pohon keras atau pohon kayu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: