Metropolitan Rebana Bakal Saingi Bodebek, Ridwan Kamil: Pantura Masa Depan Jabar

Metropolitan Rebana Bakal Saingi Bodebek, Ridwan Kamil: Pantura Masa Depan Jabar

Ketua Umum SPS Pusat, Januar P Ruswita menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil didampingi Ketua SPS Jabar, Yanto S Utomo.-Seno-radarcirebon.com--

RADARMAJALENGKA.COM-Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan jika Metropolitan Rebana merupakan wajah masa depan Jawa Barat (Jabar).

Bahkan dia pun yakin kawasan itu akan menjadi maju dan sangat penting bagi provinsi yang sekarang dia pimpin.

BACA JUGA:Rebana Kuncinya Industrialisasi, Kang Emil di Masjid Al Jabbar: Pabrik Harus Menempel ke Rumah Susun

“Tolong dicatat, 25 tahun hingga 50 tahun kemajuan Jawa Barat akan pindah ke Metropolitan Rebana atau wilayah pantai utara. Wilayah itu akan maju pesat,” ungkap Kang Emil, begitu dia disapa.

Ungkapan itu Kang Emil sampaikan ketika menjawab pertanyaan dalam acara Forum Pemred SPS di lantai dasar Masjid Al Jabbar, Bandung, Sabtu sore lalu.

Forum Pemred Pemred SPS adalah organisasi para pemimpin redaksi media arus utama anggota Serikat Perusahaan Pers (SPS) Jawa Barat. Mereka berasal dari media cetak, elektronik dan online.

BACA JUGA:Ruangan Gelap di Gerbang Banten, Tempat Merenung Bagi Pengunjung di Masjid Al Jabbar Bandung

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh sekitar 150 para konten kreator dan aktivis media sosial yang dikelola oleh media anggota SPS Jabar tersebut. Mereka datang dari penjuru kota dan kabupaten yang ada di Jabar.

Dalam kasempatan itu, Kang Emil,  menjelaskan soal konsep industrialisasi yang bisa membuat ekonomi dan kesejahteraan warga Jabar melejit. Salah satunya dengan melakukan transformasi ekonomi melalui industrialisasi meruapakan langkah yang tepat. 

Transformasi melalui industri ini, jelas Kang Emil, di antaranya melalui konsep Kawasan Metropolitan Rebana. Kawasan ini merupakan gabungan antara industri dan perkotaan baru di Jabar.

BACA JUGA:Tanpa Tiang Kolom, Asalnya Rumus Matematika, Masjid Raya Ini Dibangun di Atas Embung 25 Hektar

Menurut Kang Emil, kawasan itu meliputi tujuh daerah. Yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Sumedang. Namun, kunci utamanya ada di segitiga Rebana. Pelabuhan Patimban di Subang, Kertajati di Majalengka dan Kotq/Kabupaten Cirebon.

“Kuncinya hanya satu, yaitu industrialisasi. Kita bisa menjadi bangsa yang melompat melalui rute industrialisasi. Maka, Rebana itu agar Jabar menjadi provinsi paling maju untuk memiliki industrialisasi. Sekarang baru Karawang dan Bekasi," katanya.

Menurut Ridwan Kamil pengalaman dari industrialisasi di Karawang dan Bekasi, maka Kawasan Rebana didesain berbeda. Sebab, di Karawang dan Bekasi, minim ruang terbuka hingga alun-alun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: