KKN UGM 2023, Kagama Cirebon Raya Berikan Ide Kreatif Sosial Media Marketing Untuk UMKM Lokal

KKN UGM 2023, Kagama Cirebon Raya Berikan Ide Kreatif Sosial Media Marketing Untuk UMKM Lokal

GenFest (Getrakmoyan Ender Festival) KKN-PPM UGM 2023 di Stadion Gelora Buana Getrakmoyan Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/8).--

RADARMAJALENGKA.COM-Ketua Kagama Cirebon Raya dan Wakil Ketua Kagama Jabar Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif Heru Subagia berharap mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) dapat membantu pengembangan usaha kecil menegah masyarakat di masing-masing lokasi KKN. 

BACA JUGA:Santi Asromo, Dua Kali Dibakar Belanda, Pondok Pesantren Unik di Majalengka

Hal tersebut disampaikan Heru saat pelepasan 29 mahasiswa KKN PPM UGM periode dua tahun 2023 dan menghadiri acara GenFest (Getrakmoyan Ender Festival) KKN-PPM UGM 2023 di Stadion Gelora Buana Getrakmoyan Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/8). 

Heru mengatakan para mahasiswa di tempat KKN akan bertemu dengan para pelaku UKM sebab struktur perekonomian di Indonesia didominasi UKM.

BACA JUGA:Temuan Lokasi Kerajaan Sindangkasih di Cigasong, Cek Lokasinya

"Meneruskan harapan Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo bahwa teknologi digital yang berkembang saat ini banyak membantu belajar tentang apa pun dengan mudah, cepat, dan tanpa batas," ungkapnya.

Heru juga menjelaskan bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usaha UMKM, tanpa harus berpikir terlalu rumit dan berorientasi kepada hasil yang maksimal. 

BACA JUGA:Menelusuri Wilayah Jawa Barat Melalui Peta Masa Lalu, Majalengka Belum Tercatat

Saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan sebuah road map besar di mana Indonesia menuju negara maju di tahun 2045 dan menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia. 

“Harapannya sepulang KKN jadi punya inspirasi mengembangkan bisnis.” 

BACA JUGA:Benarkah Majalengka adalah Sindangkasih?

“Membangun platform untuk membantu petani di desa dan UKM supaya tidak terperangkap dalam skala usaha mikro,” pungkas Heru.

Ia menambahkan melalui kegiatan KKN maka mahasiswa UGM diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat. 

Sementara, perwakilan pengurus pusat Kafegama Budi Arief W berkeinginan, kegiatan KKN ini menginspirasi mahasiswa UGM saat kembali ke kampus dan membawa catatan-catatan untuk menyiapkan Indonesia menjadi negara maju. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: