Ciptakan Masyarakat Hidup Sehat, Pegawai Kesehatan Gelar Aksi Germas

Ciptakan Masyarakat Hidup Sehat, Pegawai Kesehatan Gelar Aksi Germas

SERENTAK: Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit serta seluruh Puskesmas di Majalengka melakukan aksi Germas secara serentak, Senin 17 Juli 2023.-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka telah melakukan berbagai langkah untuk mengajak hidup sehat. Hal tersebut sudah tertuang sesuai Inpres nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Untuk menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Dinkes telah melakukan upaya sosialisasi juga kepada perwakilan dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Majalengka, dan memberikan tes kebugaran kepada masyarakat pada event-event tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, H Agus Susanto SSos MSi mengatakan pembangunan kesehatan harus dilaksanakan dengan kolaborasi semua pihak dengan membentuk jejaring kerjasama, baik dengan lintas sektor maupun lintas program.

"Saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah berusaha melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini untuk meningkatkan IPM masyarakat Majalengka, karena salah satu faktor pendukung adalah bidang kesehatan," kata Agus.

BACA JUGA:Aufa Dhia Nurfahira Terpilih Jadi The Best Talent di Ajang FMBI Jakarta

BACA JUGA:Digitalisasi Pajak Jabar Berhasil Tingkatkan Pendapatan Daerah

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan secara serentak oleh Dinas Kesehatan, RS Cideres, RS Majalengka dan 32 Puskesmas se Kabupaten Majalengka. Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam, tes Kebugaran pemeriksaan kesehatan dan makan buah bersama.

Sementara Direktur RSUD Cideres dr H Harizal F Harahap didampingi Kabag Umum H Agus mengatakan bahwa sebagai salah satu penyedia jasa layanan kesehatan, selain memberikan layanan pengobatan dan pemulihan kesehatan bagi masyarakat juga berkewajiban untuk meningkatkan perilaku kesehatan karyawannya melalui kegiatan Germas,  seperti cek kesehatan, aktifitas fisik serta konsumsi sayur dan buah.

Dengan melaksanakan Germas, diharapkan kualitas kesehatan dapat terjaga, tubuh tetap sehat, bugar dan produktif, serta terhindar dari risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan Germas di Rumah Sakit Cideres telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang berobat, selain itu para pegawai juga ikut aktif dengan melakukan senam raharja diteruskan makan buah - buahan.

"Dengan melakukan olahraga rutin di lingkungan Rumah Sakit ini untuk melatih kebugaran para staf atau pekerja dalam meningkatkan kesehatan jasmani," imbuhnya. (ono)

BACA JUGA:STIE STMY Majalengka Jadi Institut, Sudibyo : Belajar Itu Investasi Masa Depan

BACA JUGA:Ada Peran Dua Tokoh, Berkat Jaksa Agung dan TB Hasanuddin, CSR Rp75 M dari Pertamina untuk Pembangunan GGM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: