Sungguh Disayangkan, Olahraga Panahan Masih Minim Peminat

Sungguh Disayangkan, Olahraga Panahan Masih Minim Peminat

PANAHAN: Olahraga panahan tergolong salah satu cabang olahraga yang minim peminanya di Majalengka.-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Berbeda dengan olahraga sepak bola, bulutangkis atau sejenisnya, olahraga panahan tergolong salah satu cabang olahraga yang minim peminat. Padahal di Kabupaten Majalengka, olahraga tersebut merupakan salah satu olahraga yang sering menyumbangkan medali dalam setiap event olahraga. Baik di level regional, nasional bahkan Asean dan Asia.

Salah satunya seperti pada keberhasilan atlet panahan dalam ajang Asean Games tahun 2018, dan keberhasilan para atlet panahan Kabupaten Majalengka dalam ajang Porda dan lainnya. Patut diapresiasi dan mampu menjadi motivasi  bagi pembinaan olahraga panahan di Majalengka.

Namun kenyataanya menurut Yogi salah seorang pelatih panahan, yang kerap melatih di berbagai klub dan sekolah di wilayah III Cirebon, perkembangan panahan di Kabupaten Majalengka memang tidak sepesat perkembangan olahraga lainnya.

Hal itu kata dia ditandai dengan masih sedikitnya klub-klub panahan maupun sekolah sekolah yang memfasilitasi ekskul olahraga panahan. Penyebabnya di antaranya selain mahalnya biaya peralatan dan perlengkapan, masih kurangnya minat para calon atlet sehingga kurang berkembangnya olahraga tersebut.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke 77, Inilah Sang Juara Turnamen Kapolres Majalengka Cup 2023

BACA JUGA:Bikin Resah Warga, Belasan Anak Sekolah SMP Assayidah Cirebon Diamankan Polsek Sukahaji

Namun demikian kata dia, pihaknya masih bisa berbangga karena saat ini, olahraga panahan tradisional seperti Barebow, Horsebow maupun jemparingan yang tergabung dalam Federasi Panahan Tradisional (Fespati) sudah mulai berkembang.

Dengan banyaknya sekolah maupun komunitas yang mulai membuka atau mengembangkan dan memperkenalkan olahraga panahan tradisional tersebut.

“Mudah mudahan dengan berkembangnya panahan tradisional, akan mendorong peningkatan pada olahraga panahan profesional di bawah naungan Perpani,” harapnya. (pai)

BACA JUGA:Bupati: Kultur Pramuka sudah Teruji, Jadi Spirit Kepribadian Bangsa

BACA JUGA:Alhamdulillah, Ayah Amel Dapat Bantuan Gerobak untuk Berdagang dari Bupati Karna

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: