Diperiksa, Hewan Layak Kurban Ada Tanda Khusus di Leher

Diperiksa, Hewan Layak Kurban Ada Tanda Khusus di Leher

petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan sedang memeriksa dan memberi tanda kepada hewan yang sehat dan layak untuk kurban (1)-ist-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARMAJALENGKA.COM - Untuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat menjelang Idul Adha 1444 H, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan memeriksa kesehatan hewan ternak. Pemeriksaan tersebut dilakukan di sejumlah pasar hewan yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan.

Seperti yang dilaksanakan di di pasar ternak Jalan Raya Awirarangan Kecamatan/Kabupaten Kuningan, satu per satu, hewan kurban seperti kambing diperiksa. Petugas memeriksa kesehatan hewan kurban mulai dari mulut, gigi, mata, cek suhu tubuh dan lainnya. Petugas juga memastikan hewan yang akan dijual untuk kurban sudah cukup umur.

Petugas Puskeswan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Aruman Yuliawan mengatakan pemeriksaan guna memastikan ternak terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

“Nantinya hewan yang sudah melalui pemeriksaan dan dinyatakan sehat akan diberikan tanda khusus di leher kambing.

BACA JUGA:Waduh, Nama Ketua Bawaslu Dicatut Penipu

BACA JUGA:HPCI Chapter Karawang Rayakan Anniversary Yang Ke-5

Untuk saat ini, kami baru melakukan pemeriksaan terhadap hewan kambing. Untuk sapi akan kami lakukan beberapa hari ke depan,” kata Aruman kepada awak media, kemarin.

Pada pemeriksaan tersebut, masih ditemukan ada kambing yang belum layak untuk dijadikan kurban. Pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban ini akan terus dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Adha nanti.

“Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan intens hingga hari raya. Dan pemeriksaan dilakukan di setiap peternak kambing dan sapi untuk kurban,” jelasnya.(ale)

BACA JUGA:Menag Bertemu Dubes Arab Saudi, Bahas Ini

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional JBB Dukung Gelar Budaya Kalagumarang di Desa Pasir Tanjung Karawang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: