Wow, Kali Pertama Gubernur Buka Porsenitas ke –X Tahun 2023

Wow, Kali Pertama Gubernur Buka Porsenitas ke –X Tahun 2023

Kali Pertama Gubernur Buka Porsenitas ke –X Tahun 2023-Almuaras-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Untuk kali pertama Gubernur Jawa Barat, Dr (HC) H Ridwan Kamil menghadiri dan membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke-X  tahun  2023. Pembukaan Porsenitas digelar di lapangan Gelanggang Generasai Muda (GGM) Majalengka, Rabu malam (7/6). Hadir juga pada opening ceremony Porsenitas Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Uu Ruzhanul Ulum SE bersama sejumlah kepala daerah.  

Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd menyatakan  suatu kebanggaan untuk kali pertama Gubernur Jabar dan wakilnya  hadir bersama pada pembukaan Porsenitas ke X tahun 2023 ini.

“Sungguh ini momen bersejarah pada pembukaan Porsenitas  sekaligus momentum Hari Jadi ke-533 Majalengka Pak Gubernur  Ridwan Kamil dan  Wabug Pak Uu hadir setelah pada pagi harinya juga menghadiri acara Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-533 Majalengka,” katanya.  

Bupati Karna menjelaskan ajang Porsenitas bermula pada tahun 2011 dengan adanya spirit Kuningan Summit yang digagas era Bupati Kuningan, H Aang Hamid Suganda (alm). Semula hanya Kuningan, Brebes, Cirebon dan Majalengka.  Namun tapi kini semakin eksis dengan bertambahnya Cilacap, Pangandaran dan Indramayu.

BACA JUGA:Potensi Wisata Baru, Masyarakat Antusias Ikuti Street Carnival

BACA JUGA:Kapolres Majalengka Hadiri Kegiatan Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan

“Ajang Porsenitas ini dalam upaya membangun kemitraan dan kebersamaan, tidak  hanya seni dan budaya. Semestinya tahun ini Porsenitas ke-XII, tapi karena ada pandemi Covid- 19, sehingga Porsenitas  tahun 2023 ini ke-X,”  tutur Bupati Karna.

Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil mengawali sambutan  dengan menyampaikan pantun. Bahkan ia meminta agar seni pantun masuk pada ajang lomba Porsenitas. Ia mengakui baru kali ini  menghadiri acara pembukaan Porsenitas. “Junjung sportivitas, kejarlah prestasi,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengapresiasi kekompakan kepala daerah di wilayah perbatasan yang harmonis dan penuh  kebersamaan.  “Jaga keutuhan NKRI dengan idiologi Pancasila, jadikan ajang ini untuk menjalin silaturahmi,” kata sembari mengusulkan lomba pembuatan desain piala bergilir Porsenitas yang besar dan gagah.

Upacara pembukaan ditandai dengan pawai karnaval peserta Porsenitas di antaranya dari  Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar dan kontingen tuan rumah Majalengka dengan seragam kaus merah putih menjadi peserta pawai terakhir.

BACA JUGA:Cegah TPPO, Kapolsek Sukahaji Lakukan Sosialisasi Desa Cikoneng

BACA JUGA:Polisi RW Kunjungi Keluarga PMI Saudi

Gubernur RK menabuh alat musik Blentung  menandai pembukaan Porsenitas.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Majalengka, Yusanto Wibowo menjelaskan bahwa kesepuluh kabupaten/kota yang berlaga dalam ajang Porsenitas X tahun 2023 meliputi Kabupaten Majalengka, Kuningan,

Ciamis, Pangandaran, Brebes, Cilacap, Indramayu, Cirebon, Kota Cirebon, dan Banjar.
Pelaksanaannya akan digelar mulai tanggal 7 hingga 10 Juni 2023 dengan mencakup cabang olah raga wajib seperti bulu tangkis, catur, tenis meja, voli indoor, dan tenis lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: