Menko PMK Muhadjir Effendy Bertemu Jamaah Lansia di Madinah: Doakan Haji Mabrur

Menko PMK Muhadjir Effendy Bertemu Jamaah Lansia di Madinah: Doakan Haji Mabrur

Menko PMK, Muhadjir Effendy berdialog dengan beberapa jemaah haji Indonesia berusia lanjut/Ist--

MADINAH, RADARMAJALENGKA.COM -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memastikan pelayanan haji berjalan dengan lancar, terutama jamaah lanjut usia (lansia) dengan mengunjungi pemondokan jamaah Indonesia di Madinah.

Pada kunjungan ke pemondokan jamaah Indonesia di Madinah, Muhadjir sempat berdialog dengan salah satu jamaah haji lansia yang bernama Rustam berusia 98 tahun, asal Blitar dan masuk kloter Madiun.

Terlihat Rustam yang masih bugar dan sehat itu punya kebiasan naik tangga untuk menuju kamarnya yang berada di lantai 9, dan tidak mau menggunakan lift.

Muhadjir mendengarkan dengan sikap takzim apa saja yang disampaikan Rustam, yang mengaku menikmati makanan yang disajikan petugas haji Indonesia di Kota Madinah.

BACA JUGA:Imbauan Bagi Jamaah Haji Agar Pakai Jasa Kursi Roda Resmi di Masjidil Haram

BACA JUGA:Perdana! Pertamina Patra Niaga Regional JBB Salurkan Produk B35

"Masya Allah. Sehat terus ya Pak. Semoga menjadi haji mabrur," kata Muhadjir, seperti dikutip radarmajalengka.com dari rmol, Senin, 5 Juni 2023.

Mendikbud Kabinet Jokowi Jilid Satu itu meminta jemaah haji berusia lanjut terus menjaga kesehatannya, tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah-ibadah sunah selama di Tanah Suci.

Berdasar pemeriksaan kesehatan, kebanyakan para jamaah haji sepuh yang mengalami gangguan kesehatan dan kelelahan karena memaksakan diri menjalankan ibadah sunah.

"Jaga kesehatan sebaik-baiknya. Kalau ada penyakit komorbid segera melapor kepada petugas kesehatan. Kalau ada gangguan kesehatan segera lapor ketua rombongan, supaya bisa meneruskan kepada petugas yang bertanggung jawab," pesan Muhadjir.

BACA JUGA:Berikut Ini 3 Khasiat Mengkonsumsi Rebusan Air Daun Sirih, Wajib DiKetahui

BACA JUGA: Dirjen PHU Soroti Pengelolaan Air di Asrama Haji Indramayu dan Pemvisaan Haji
 
Pemberangkatan jemaah haji Indonesia telah dimulai sejak kloter pertama, 24 Mei 2023 lalu. Secara bertahap jemaah haji dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi hingga 22 Juni 2023 mendatang.

Jemaah haji Indonesia pada 2023 berjumlah 229.000 orang. Sebanyak 67.000 orang atau berkisar 30 persen berusia 65 tahun ke atas atau Lansia. Mereka diberangkatkan melalui 13 bandar udara embarkasi haji. (rmol)

BACA JUGA:163 Anak Dikhitan, Ribuan Warga Majalenga Selatan Jalan Santai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: