Terapi Hipertensi dengan Metoda Murotal Alquran

Terapi Hipertensi dengan Metoda Murotal Alquran

TANPA EFEK SAMPING: Cek kesehatan, edukasi dan terapi murotal Alquran bagi penderita hipertensi pada lansia di Posbindu Kelurahan Cicenang Kecamatan Cigasong.-ist-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan (Stikku) bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Cigasong melaksanakan cek kesehatan, edukasi dan terapi murotal Alquran bagi penderita hipertensi pada lansia di Posbindu Kelurahan Cicenang Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka, Rabu (31/5) lalu.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Cigasong, dr Dede Uus Susanto.

Seorang mahasiswi program Magister Stikku, Hj Kurniawati SKM menyebutkan, ada 50 lansia yang hadir mengikuti cek kesehatan dan terapi murotal Alquran tersebut.

Dijelasakan, terapi murotal Alquran bagi penderita hipertensi adalah terapi dengan mendengarkan murotal Alquran kurang lebih 10 hingga 15 menit.  Terapi tersebut terbukti efektif menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

BACA JUGA: Panyaweuyan Ramai Diperbincangkan di Medsos karena Berlakukan Tiket Masuk, Ini Sebabnya

BACA JUGA:Turun Langsung Kapolsek Pastikan Kamtibmas Aman Setelah Pilkades

Salah satu manfaatnya bagi penderita hipertensi yaitu dapat mengalihkan perhatian dari rasa takut, cemas dan tegang, serta dapat memperbaiki sistem kimia tubuh.

Mendengarkan murotal Alquran selama  15 menit sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu terbukti efektif menurunkan tekanan darah sistol dan diastol dengan signifikan.

Keistimewaan terapi murotal Alquran dibanding yang lain jelas dia, terapi murotal murupakan terapi tanpa efek samping, aman dan sangat mudah dilakukan.

Adapun manfaat yang didapat yakni memberikan efek rileksasi sehingga dapat menstabilkan tekanan darah sehingga penderita dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dengan pengobatan nonfarmakologi. (ara/adv)

BACA JUGA:Bupati Karna Sobahi Pastikan HUT Ke-533 Majalengka Lebih Meriah Dibandingkan Tahun Sebelumnya

BACA JUGA:WADUH! 30 Desa dari 12 Kecamatan di Majalengka Rawan Air Bersih, Berikut Daftar Kecamatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: