Kominfo–Bappedalitbang Kerjasama Wujudkan Satu Data Satu Peta

Kominfo–Bappedalitbang Kerjasama Wujudkan Satu Data Satu Peta

BIMTEK: Dinas Kominfo bekerja sama dengan Bappedalitbang mengadakan bimtek pengelolaan Data dan Informasi Geospasial di Aula Bappedalitbang selama dua hari sejak Selasa-Rabu (16-17/3/2023).-istimewa-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Bappedalitbang Majalengka mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Data dan Informasi Geospasial di Aula Bappedalitbang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini sejak Selasa-Rabu 16-17 Mei 2023 diikuti 60 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Majalengka.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka H Gatot Sulaeman AP MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kolaborasi dengan Bappedalitbang dan Badan Informasi Geospasial pusat.

Data geospasial, atau geodata adalah data yang mencakup informasi yang berkaitan dengan lokasi di permukaan bumi.  

BACA JUGA:Makom Albab Gelar Halal Bihalal Akbar

BACA JUGA:Cuaca Sedang Panas, Ngadem Yuk di Kebun Teh Cipasung Lemahsugih Majalengka

"Anda dapat memetakan objek, peristiwa, dan fenomena dunia nyata lainnya ke area geografis tertentu yang diidentifikasi menggunakan koordinat garis lintang dan bujur permukaan bumi," kata Gatot.

Mantan Camat Ligung ini mengungkapkan, contoh dari data geospasial adalah citra satelit, jarak, foto udara, dan koordinat. Setelah dikumpulkan, data tersebut diolah dan dianalisis hingga menjadi informasi geospasial.

Diharapkan dengan adanya bimtek ini setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa membuat peta geospasial serta data cakupan pemetaan wilayah Majalengka dan meningkatkan kemampuan teknis pengelola data geospasial.

"Produk berupa data dan informasi geospasial akan dikompilasi oleh Diskominfo sebagai walidata," tandas mantan Kabag Tata Pemerintahan ini.

BACA JUGA:NASIB BIJB Kertajati Tergantung Tol Cisumdawu, Juni Selesai dan Beroperasi

BACA JUGA:Maskapai Diminta Pindah ke Bandara Kertajati Majalengka, di Husein Paling Banyak Penerbangan Super Air Jet

Disamping itu hasil geospasial dipersiapkan sebagai bahan untuk mendukung perencanaan Command Center Majalengka.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Drs H Yayan Somantri MSi mengapresiasi dengan adanya kegiatan bintek pengelolaan Data dan Informasi Geospasial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: